SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Rohmah Nur Alfiatur

Abstrak


ABSTRAK

Rohmah, N. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisIspring Suite 8 Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Manajemen,ProgramStudi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci :Media pembelajaran, Ispring Suite 8, hasil belajar.

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, khususnya pada mata pelajaran Korespondensi di jurusan administrasi perkantoran terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalahnya yaitu pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa masih cenderung pasif. Penelitian ini bertujuanuntuk :

(1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 dengan melakukan uji coba media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8,

(2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada kompetensi dasar Menerapkan Tata Naskah Surat-Menyurat Bahasa Indonesia,

(3) Mengetahui perubahan hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dan dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.

Berdasarkan tujuan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran dengan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10  (sepuluh) langkah yaitu

(1) potensidanmasalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desainproduk,

(4) validasidesain,

(5) revisidesain,

(6) ujicobaproduk,

(7) revisiproduk,

(8) ujicobapemakaian,

(9) revisiproduk,

(10) produksimasal.

Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Naskah Surat-Menyurat Bahasa Indonesia pada matapelajaran Kores pondensi yang telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media yang dilakukan dua kali yaitu sebesar 98,00% pada validasi 1 dan 100% validasi 2 dalam kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 96,00% dengan kategori sangat layak. Media juga mendapat respon positif peserta didik sebesar 92,82% dengan kategori sangat layak yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba kelompok kecil, selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba kelompok kecil, pengembangan ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 88,02% dan 77,67%, sedangkan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 85,35% dan 76,67%.

Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik pada ranah kognitif dan psikomotorik.Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan.