SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Media Promosi Pemasaran Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen

Marini Novita Nanda

Abstrak


ABSTRAK

Marini, Novita.N. 2019. Pengembangan Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Media Promosi Pemasaran Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S.Pd., S.E., M.M.

 

Kata Kunci: modul, guided inquiry,hasilbelajar

Pendidikan memegang peranan penting untuk peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan kretaifitas dari seorang guru dalam mengajar. Salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan ajar yang berupa modul. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah

(1) Menghasilkan modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik SMK Kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran.

(2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry melalui hasil validasi.

(3)Mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan modul dengan peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan modul mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry.

Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model, Borg and Gall, dengan langkah-langkah:

(1) Analisiskebutuhan,

(2) Penyusunandraft produk,

(3) Validasiahlimateri dan ahlimodul,

(4) Revisidraft produk,

(5) Uji cobaproduk,

(6) Revisiproduk,

(7) Uji pemakaianproduk,

(8) Penyempurnaanproduk,

(9) Produkakhir dan pembuatan master produk.

Subjek penelitian modul yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang dosen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli Modul Pembelajaran. Dua orang guru matapelajaranProdukKreatif dan Kewirausahaan di SMK PGRI Turen sebagai ahli Materi, dan 6 orang peserta didik Kelas XI Administrasi Perkantoran sebagai subjek uji coba kelompok kecil.

Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan:

(1) Hasil validasi ahli modul, ahli materi dan peserta didik pada uji coba terbatas menunjukkan kriteria sangat valid sehingga modul layak digunakan.

(2) Hasil belajar menunjukkan rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari peserta didik kelas kontrol.

(3) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,8 artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga modul efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah:

(1) Bagi guru disarankan untukmenggunakan modul sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dan mendalami materi yang terdapat pada modul,

 

2) Bagi peserta didik sebaiknya mempelajari modul sebelum melakukan pembelajaran agar memahami langkah-langkah yang ada dengan baik.