SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DESA BERBASIS WEBSITE DI KANTOR DESA MADIREDO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

Reza Alwirdatus Sholihah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholihah, Reza Alwirdatus. 2019. Pengembangan Sistem Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar Desa Berbasis Website di Kantor Desa Madiredo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M

 

Kata Kunci: sistem administrasi surat desa, website

Teknologi menjadi kebutuhan pokok instansi dalam melaksanakan pekerjaannya khususnya dalam kegiatan pengelolaan surat menyurat pada pemerintahan desa. Pada umumnya dalam pemerintahan desa kegiatan pengelolaan surat masuk dilaksanakan  secara manual mulai dari pencatatan hingga penyimpanan. Pengelolaan surat keluar sudah memanfaatkan komputer dengan seadanya, dikarenakan belum ada pengembangan sistem lebih lanjut. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pengembangan lebih lanjut pada sistem administrasi surat masuk dan keluar desa dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan sistem administrasi surat masuk dan surat keluar desa berbasis website, (2) Mengetahui kelayakan sistem administrasi surat masuk dan surat keluar desa berbasis website, (3) Menguji tingkat keefektifan sistem administrasi surat masuk dan surat keluar desa berbasis website dalam mendukung pengelolaan surat masuk dan surat keluar dari proses hingga penyimpanan menjadi sebuah arsip.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang terdiri dari 8 langkah, yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Produk Akhir. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian angket oleh subjek penelitian.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan aplikasi pengelolaan surat masuk dan keluar desa secara digital dengan memanfaatkan website. Proses kerja akan lebih efektif karena aplikasi berbasis website dijalankan secara online. Terdapat tiga menu utama dalam sistem yaitu dashboard, surat masuk dan surat keluar yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola surat dari pencatatan, penciptaan serta penyimpanan (e-filling) sederhana.

Berdasarkan hasil validasi dengan ahli materi, aplikasi sistem administrasi surat masuk dan surat keluar desa dinyatakan “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 92%. Hasil validasi ahli media menyatakan bahwa sistem administrasi surat masuk dan surat keluar desa adalah “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 90,67%. Setelah produk di uji cobakan kepada 7 responden (Perangkat Desa Madiredo) didapatkan respon bahwa 89,52% responden menyatakan setuju dan menunjukkan bahwa produk efektif untuk diterapkan di Kantor Desa Madiredo.

Saran yang dapat diberikan untuk pemanfaatan produk adalah perlunya untuk memahami teknologi lebih lanjut, agar meminimalisir terjadinya ke-erroran aplikasi yangdikarenakan human error.Aplikasi ini dapat digunakan lebih luas pada instansi pemerintah dan swasta, namun perlu adanya perubahan pada isi aplikasi menyesuaikan dengan kebutuhan pada instansi tersebut.Pengembang produk lebih lanjut, hendaknya melengkapi format surat keluar agar lebih banyak lagi, menambahkan database e-filling secara lengkap serta mengintregasikan aplikasi dengan database kependudukan berupa identitas penduduk.  Serta diharapkan lebih mengembangkan produk, seperti men-upgrade aplikasi menjadi aplikasi pelayanan masyarakat berbasis mandiri, sehingga pengguna bukan hanya perangkat desa, namun masyarakat pada umumnya