SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Susan Elok Bekti Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, S.E.B. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Authoring Tool Lectora Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada siswa Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, authoring tool lectora, hasilbelajar.

Media pembelajaran merupakan alat untuk mempermudah proses pembelajaran, baik untuk guru maupun peserta didik, agar tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik. Penggunaan media pembelajaran akan dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa pada materi pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Penggunaan media pada proses pembelajaran mata pelajaran administrasi umum hanya berupa powerpoint saja, minimnya penggunaan media dalam pembelajaran dapat menyebabkan rendahnya perhatian peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru sehingga peserta didik susah untuk fokus pada materi dan merasa jenuh. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan perangkat lunak authoring tool lectora, (2) menerapkan dan mengujicoba kelayakan media berbasis multimedia interaktif dengan perangkat lunak authoring tool lectora, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan perangkat lunak authoring tool lectora dengan peserta didik yang tidak menggunakan.

Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi prosedur pengembangan media pembelajaran Borg & Gall. Berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi peneliti, terdapat langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba lapangan, (9) produk akhir. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket validasi dan tes. Subjek dari penelitian ini yaitu validator ahli media dari dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, validator ahli materi dari guru mata pelajaran administrasi umum SMK Muhammadiyah 3 Singosari, dan siswa kelas X OTKP 2 sebanyak 6 siswa sebagai uji coba produk kelas kecil. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas X OTKP 1 yang berjumlah sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol dan X OTKP 2 yang berjumlah sebanyak 42 siswa sebagai kelas eksperimen.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini merupakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan authoring tool lectora pada mata pelajaran administrasi umum dengan kompetensi dasar memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi yangdisimpan dalam format .exe dalam DVD.Hasil validasi oleh ahli media mencapai 97,89%, untuk hasil validasi oleh ahli materi mencapai 93,3% , dan untuk hasil validasi pengguna media kelas kecil mencapai hasil 87,5. Dari hasil validasi oleh ketiga validator tersebut menyatakan media pembelajaran sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil belajar peserta didik pada uji coba lapangan yang dilakukan pada kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata77,06, danX OTKP 2 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 86,96. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai probabilitas < 0,05 (0,00 < 0,05) yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Jadipenggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan authoring tool lectora dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.