SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Administrasi Umum Berbasis Lectora Inspire Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 1 Malang

Syamrotul Fitria

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitria, Syamrotul. 2019. Pengembangan E-Module Administrasi Umum Berbasis Lectora Inspire Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 1 Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing, Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci:E-module, lectora inspire, inquiry learning.

Perubahan kurikulum 2013 menjadi Kurikulum 2013 Revisi mendorong guru untuk menentukan bahan ajar yang sesuai dan memudahkan siswa dalam belajar. Modul adalah bahan ajar yang dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan siswa mudah untuk mempelajari materi. Penggunaan modul sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 revisi yaitu siswa lebih belajar mandiri dan guru hanya sebagai fasilitator. Kecanggihan teknologi dapat mengubah modul cetak menjadi modul elektronik/e-module dengan bantuan aplikasi interaktif sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. E-module yang dikembangkan peneliti menggunakan softwere lectora inspire dan model inquiry learning.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1)Menghasilkan bahan ajar berupa E-moduleAdministrasi Umum Berbasis Lectora Inspire Model Inquiry Learning pada kompetensi dasar menerapkan penataan surat/dokumen untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Malang keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. (2) Mengetahui kelayakan E-moduleAdministrasi Umum berbasis Lectora Inspire model Inquiry Learningpada kompetensi dasar menerapkan penataan surat/dokumen berdasarkan validasi dari para ahli dan (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan E-Module Administrasi Umum berbasis Lectora Inspire model Inquiry Learning pada kelas eksperimendengan kelas kontrol.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian Borg & Gall (1983) yaitu R&D (research and development) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan menjadi 7 langkah. Langkah-langkahnya meliputi: 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembangan draft produk 4) validasi/uji ahli 5) revisi hasil validasi 6) uji coba lapangan dan 7) revisi produk/produk final.

Analisis data dari hasil validasi ahli e-module sebesar 98,6% sehingga produk yang dikembangkan dikategorikan sangat valid. Hasil dari ahli materi diperoleh nilai 85% dan produk dinyatakan sangat valid. Berdasarkan uji coba lapangan/pengguna e-module pada kelas X OTP 1 hasilnya sebesar 87,61 % dan perbedaan hasil belajar berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kelas X OTP 1 lebih tinggi dibandingkan perolehan nilai rata-rata kelas X OTP 3 dengan selisih 8,58% sehingga e-module administrasi umum berbasis lectora inspire model inquiry learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar.

Saran bagi pemanfaatan e-module administrasi umum berbasis lectora inspiremodel inquiry learning adalah (1) Guru dapat menggunakan E-module ini untuk mempermudah dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Umum materi Menerapkan Penataan Surat/Dokumen dan dapat menambahkan materi yang belum tersedia dalam e-module, (2) Siswa disarankan untuk membaca petunjuk penggunaan e-module ini untuk mempermudah penggunaan dengan baik dan mengikuti alur kegiatan pembelajaran. Penggunaan e-module administrasi umum berbasis lectora inspire model inquiry learning ini harus memperhatikan fasilitas yang memadai untuk dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.