SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Green Brand Positioning terhadapAttitude Toward Green Brand melalui Green Brand Knowledgesebagai variabel intervening (Studi Pada ConsumerThe Body Shop Mall Omlympic Garden Kota Malang).

Annissa Pasha Setyadinar

Abstrak


ABSTRAK

Setyadinar, Annissa Pasha. 2018. Pengaruh Green Brand Positioning terhadapAttitude Toward Green Brand melalui Green Brand Knowledgesebagai variabel intervening (Studi Pada ConsumerThe Body Shop Mall Omlympic Garden Kota Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang, Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E

Kata Kunci:Green Brand Positioning,Green Brand Knowledge,Attitude Toward Green Brand

Global warming merupakan suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas rumah kaca di atmosfer, sehingga timbullah fenomenamasyarakat yang mengonsumsi produk hijau (Green Consumerism).Maka dari itu The Body Shopadalah salah satu perusahaan yang mengaplikasikan Green Marketing dengan menggunakan strategi Green Brand Positioning sebagai cara pembedadari produk hijau lainnya serta membuat Green Brand Knowledgeyang didapat dari pribadi consumermenegenai produk hijau dari The Body Shop. Sehingga mempengaruhi Attitude Toward Green Brand dari consumerThe Body Shop.

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi dari Green Brand Positioning,Green Brand Knowledge dan Attitude Toward Green Brand dari consumer The Body Shop Mall Olympic Garden Kota Malang (2) Pengaruh Green Brand Positioning terhadap Green Brand Knowledge (3) Pengaruh Green Brand Knowledge terhadap Attitude Toward Green Brand (4) Pengaruh Green Brand Positioning terhadap Attitude Toward Green Brand (5) pengaruh Green Brand Positioning terhadap Attitude Toward Green Brand melalui Green Brand Knowledge.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 111 responden dari 152 consumer. Metode dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan teknik pengujian data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path). Sebelumnya dilakukan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas.

Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) DeskripsidariGreen Brand Positioning, Green Brand KnowledgedanAttitude Toward Green BranddariconsumerThe Body Shop Mall Olympic Garden Kota Malang dimaknai cukup baik (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Green Brand PositioningterhadapGreen Brand Knowledge (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Green Brand KnowledgeterhadapAttitude Toward Green Brand (4) terdapat Green Brand PositioningterhadapAttitude Toward Green Brand (5) terdapat pengaruh Green Brand Positioning terhadap Attitude Toward Green Brand melalui Green Brand Knowledge.

 Saran yang dapat diberikan sehubungan dengan temuan yang diperoleh daripenelitian ini adalah (1) Mengadakan sosialisasi lebih dalam berupa iklan tentangspesifikasi green produk yang dibutuhkan oleh consumer dan sesuai dengan masalah yang dihadapi.(2) Dapat meningkatkan lagi, dengan melakukan penambahan store yang ada di Kota Malang dilihat dari tingkat permintaan yang tinggi dari consumer. (3) Dapat meningkatkan lagi, sehingga para consumer yang sebelumnya tidak tertarik pada produk hijau menjadi lebih paham dan tertarik pada produk hijau dari The Body Shop.