SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Internalisasi Etika Kerja Islam di Panti Asuhan Muhammadiyah Malang

Ghiffari Akbar Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Sumber Daya Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan melalui etika kerja yang baik dalam sebuah organisasi yang telah diatur dan mungkin telah menjadi budaya di tempat tersebut. Melalui proses internalisasi etika kerja Islam merupakan salah satu cara atasan dalam mewujudkan peran aktif karyawan dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah tentang bagaimana internalisasi etika kerja Islam yang pengurus lakukan di Panti Asuhan Muhammadiyah Malang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung dengan informan yang bersangkutan.

Hasil dari penelitian ini yaitu: (1)Pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah memiliki tahapan-tahapan tersendiri dalam melakukan proses penanaman etika kerja Islam melalui pendekatan yang berasaskan kekeluargaan, (2)Pendidikan dan pengawasan intensif yang dilakukan Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Daerah  Aisyah Kota Malang terhadap Panti Asuhan Muhammadiyah dan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Kota Malang , (3) Memiliki kendala yang beragam dan solusi berbeda beda dalam penerapan etika kerja Islam di Panti Asuhan masing -masing