SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Dealer Yamaha Turen Malang)

Agung Wahyu Mubarokh

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Wahyu M., Agung. 2018. Pengaruh Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Dealer Yamaha Motor Turen Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Suwarni, M.Si

 

Kata kunci: personal selling, advertising dan keputusan pembelian

 

            Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan yang dilakukan secara aktual oleh seseorang dengan melakukan kegiatan membeli sebuah produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana deskripsi keadaan personal selling, advertising dan keputusan pembelian; (2) pengaruh personal selling dan advertising secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) pengaruh personal selling dan advertising secara parsial terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh personal selling dan advertising secara simultan terhadap keputusan pembelian.      

            Variabel bebas dalam penelitian ini adalah personal selling (X1) dan advertising (X2), sedangkan untuk variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Dealer Yamaha Turen Malang yang melakukan pembelian produk sepeda motor. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu diperoleh sampel sebanyak 93 responden. Skala penilaian yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), ragu-ragu (RG), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan membagikan kuesioner. Uji kelayakan untuk instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang telah memenuhi uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kondisi variabel eksternal atribut produk, internal atribut produk dan keputusan pembelian sudah dapat dikatakan baik; (2) personal selling dan advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (3) personal selling dan advertising berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian; (4) personal selling dan advertising berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diajukan kepada Dealer Yamaha Turen Malang: (1) meningkatkan kualitas tenaga penjual agar lebih memaksimalkan kepenjualan dikarenakan variable yang lebih berpengaruh adalah personal selling dari pada advertising ; (2) Memberikan edukasi dan pelatihan secara berkala agar menunjang kualitas tenaga penjual agar lebih maju dan lebih baik.