SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH NILI TUKAR RUPIAH PADA US DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FARMASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2016

MEGA MERDEKA WATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Merdeka W, M. 2018. Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2016. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) H. Subagyo, S.E., S.H., M.M., (2) Dr. Ely Siswanto, S. Sos., M. M.

 

Kata Kunci: Nilai Tukar dan Harga Saham

Harga saham adalah harga yang dibentuk oleh investor dan perusahaan yang dipengaruhi oleh harapan dan informasi mengenai profit perusahaan yang diperjualbelikan di pasar modal. Harga saham dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: (1) kondisi fundamental, (2) hukum permintaan dan penawaran, (3) tingkat suku bunga, (4) valuta, (5) dana asing di bursa, (6) indeks harga saham gabungan, dan (7) news and rumors. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi harga saham perusahaan farmasi; mendeskripsikan kondisi nilai tukar Rupiah pada US Dollar dan; mengetahui pengaruh antara nilai tukar Rupiah pada US Dollar terhadap harga saham perusahaan farmasi.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan, website Bank Indonesia serta website Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 11 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga menghasilkan 7 perusahaan farmasi saja. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi harga saham mengalami kenaikan, sedangkan kondisi nilai tukar Rupiah pada US Dollar juga menguat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tukar Rupiah pada US Dollar berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham perusahaan farmasi.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi para investor untuk selalu memperhatikan faktor eksternal maupun faktor internal dalam memutuskan untuk melakukan investasi baik investasi jangka panjang atau jangka pendek. Bagi perusahaan diharapkan untuk selalu menjaga dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan agar mendapatkan keuntungan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi harga saham karena harga saham dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.