SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA XII PEMASARAN SMKN 1 KADEMANGAN BLITAR

Mohamad Iqbal Erwiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sekolah merupakan sarana untuk mengembangkan kemampuan siswa sehingga setelah lulus dapat menghadapi tantangan dalam pekerjaannya. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan suatu lembaga pendidikan yang menuntut lulusannya untuk siap menghadapi dunia kerja.Praktik Kerja Industri merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh SMK untuk meningkatkan kemampuan siswa. Praktik Kerja Industri merupakan kegiatan dimana siswa SMK dilibatkan secara langsung pada kegiatan kerja dilapangan. Setelah melakukan kegiatan prakerin diharapkan siswa mampu menguasai kompetensi-kompetensi yang ada didalam kurikulum dan dapat memahami secara nyata apa yang dibutuhkan di dunia kerja, sehingga setelah lulus dari sekolah siswa SMK dapat siap untuk bekerja.Motivasi juga diperlukan untuk memperkuat kepercayaan diri seseorang. Motivasi akan mendorong siswa untuk menyiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang semakin ketat. Peran motivasi juga akan mendorong siswa SMK untuk menggali informasi dan bekerja keras untuk memenuhi standar kompetensi agar dapat bersaing dibidang keahlian yang dimiliki.Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk membuat penelitian yang berjudul “Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa XII Pemasaran SMK Negeri 1 Kademangan Blitar”

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Pemasaran di SMKN 1 Kademangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 63 siswa. Analisis data menggunakan regresi berganda dan data diolah dengan SPSS versi 21 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji coba dengan 25 siswa terdapat hubungan yang reliabel karena hasilnya Jika thitung 0,756lebih besar dari rtabel 0,380 maka dikatakan reliabel. untuk mengetahui kelayakan dari data tersebut dilakukan uji asumsi klasik yaitu ui normalitas, uji multikoliniaritas dan uji heteroskedastis diketahui bahwa data tersebut sesuai. Dari hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa tidakterdapat pengaruh dan signifikansi prakerin terhadap kesiapan kerja dengan thitung0,089 lebih kecil dari pada ttabel 1,996 dan signifikansi 0,471 lebih besar dari 0,05. Sedangkan pada variabel motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kesiapan kerja dengan thitung4,836 lebih besar dari ttabel 1,996 dan signifikansi 0,000 lebih kecil dari pada 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa praktik kerja industri tidak ada pengaruh dan signifikan terhadap kesiapan kerja sedangkan untuk motivasi kerja terdapat pengaruh dan signifikan terhadap kesiapan kerja.

Berdasarkan penelitian disarankanbagiguru SMK Negeri 1 Kademanganuntuk lebih meningkatkan kompetensi siswa dalam melakukan Prakerin bagi siswa kelas XII Pemasaran SMK Negeri 1 Kademangan sebagai saran supaya bisa lebih meningkatkan kompetensi diri didalam melakukan prakerin sehingga bisa menambah pengalaman dalam memasuki dunia kerja.