SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Social Media Marketing melalui Media Sosial Instagram dan Harga terhadap Minat Beli pada Online Shop Ghealsy Malang

Novita Sari

Abstrak


Sari, Novita. 2018. Pengaruh Social Media Marketing melalui Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli pada Online Shop Ghealsy Malang. Jurusan Manajemen. Program Studi S1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

Kata Kunci: Social Media Marketing, Harga, Minat Beli

Munculnya sosial media yang merupakan media baru yang dapat digunakan sebagai pemasaran sekaligus untuk melakukan interaksi terhadap konsumen disebut Social Media Marketing. Salah satu social media marketing yang sedang populer saat ini adalah Instagram, melalui aplikasi ini pelaku bisnis dapat membagikan informasi dan promosi mengenai produk mereka secara menarik sehingga akan terbentuk minat beli dari konsumen yang melihatnya. Minat beli merupakan suatu respons atau proses merasa atau menyukai sesuatu tetapi belum melakukan pembelian. Minat beli konsumen juga dapat terbentuk dari harga produk yang ditawarkan pelaku bisnis onlinedalam penelitian ini adalah onlineshopGhealsy Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel Social Media Marketing, Harga, dan Minat Beli, (2) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Beli, (3) Pengaruh Harga terhadap Minat Beli, (4) Variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat beli pada onlineshopGhealsy Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatory. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Manajemen angkatan 2016 Universitas Negeri Malang, sehingga termasuk dalam populasi terhingga (finitepopulation). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, teknik probability sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil sampel sejumlah 108 responden kemudian ditingkatkan menjadi 119 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap tiga variabel penelitian sudah baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Grand Meanmasing-masing variabel sebesar 3,73 untuk Social Media Marketing, 3,89 untuk variabel Harga, dan 3,61 untuk variabel minat beli. Hasil analisis data menunjukkan variabel Social Media Marketing dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli.

Ghealsy perlu memberikan informasi lebih jelas apabila terdapat perubahan informasi tentang produk seperti kenaikan harga, serta meningkatkan inovasinya mengenai desain produk atau membuat desain produk yang mencerminkan ciri khas Ghealsy.