SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Aprilliani Setyaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyaningtyas, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Suharto SM., M.Pd., M.M, (2) Drs. H. Gatot Isnani, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, hasil belajar

 

Pembelajaran berbasis multimedia adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang perlu dilaksanakan dalam dunia pendidikan dewasa ini. Proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran sangat diperlukan dalam dunia pendidikan karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Lectora, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Lectora yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah yang telah dimodifikasi sebagai berikut (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 6 orang siswa. Jenis data dari penelitian dan pengembangan ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari masukan ahli materi, ahli media, dan siswa terhadap media pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada kuesioner ahli materi, ahli media, siswa, hasil analisis butir soal, dan hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas untuk mengukur kelayakan media pembelajaran, analisis butir soal untuk mengetahui butir soal yang baik yang akan digunakan sebagai soal posttest, dan independent sampel t test dengan taraf kesalahan 5% untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Hasil validasi ahli materi sebesar 89% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan, hasil validasi ahli media sebesar 85% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan, dan hasil validasi siswa sebesar 84% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan. Hasil belajar siswa diperoleh dari rata-rata posttest, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 78,20 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 71,66. Selanjutnya analisis uji t menunjukkan bahwa nilai  >  (2,377 > 1,674) dengan probabilitas < 0,05 (0,021 < 0,05), maka  ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Lectora, (2) hasil validasi ahli materi menunjukkan kriteria “sangat valid”, hasil validasi ahli media menunjukkan kriteria “sangat valid”, hasil validasi siswa menunjukkan kriteria “sangat valid”, (3) berdasarkan hasil posttest diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran pemanfaatan pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) sebaiknya siswa membaca buku petunjuk penggunaan media pembelajaran berbasis Lectora agar siswa memahami bagaimana melaksanakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora, (2) guru berperan sebagai pendamping siswa dalam proses kegiatan pembelajaran, sehingga guru harus memahami seluruh bagian media pembelajaran dan dapat menguasai kelas agar dapat mengarahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) pengembangan penelitian media pembelajaran berbasis Lectora perlu dikembangkan dengan penambahan materi yang lebih luas, (2) pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora sebaiknya dilakukan pada materi atau kompetensi dasar selanjutnya yang belum terdapat media pembelajaran berbasis Lectora, (3) pengembangan media pembelajaran sebaiknya dilakukan pada mata pelajaran lainnya.