SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention Karyawan Ibis Styles Hotel Malang

Angga Fardian Septyowibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Septyowibowo, AnggaFardian. 2018. Pengaruh Stres Kerja dan Komitmen Organisaional Terhadap Turnover Intention Karyawan.Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Lohana Juariyah, S.E., M.Si

 

Kata Kunci:Stres Kerja, Komitmen Organisasional, Turnover Intention.

Karyawan merupakan penggerak utama dalam menjalankan roda perusahaan. Diharapkan perusahaan dapat menyesuaikan antara kebijakan yang diberikan dan pernyataan dari perusahaan agar dapat menekan angka turnover karyawan. Turnover menimbulkan ketidakstabilan terhadap organisasi. Untuk menekan angka turnover karyawan, perusahaan harus memperhatikan apa saja yang menyebabkan turnover intention karyawan. Turnover intention karyawan dalam perusahaan dapat dipengaruhi oleh stres kerja dan komitmen organisasional.

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kondisi stres kerja, komitmen organisasional dan turnover intention karyawan; (2) Mengetahui pengaruh stres kerja terhadap turnover intention karyawan; dan (3) Mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap turnover intention karyawan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi adalah karyawan dengan sampel sejumlah 92 responden dari 120 karywan. Metode dalam pengambilan sampel adalah proportionate random sampling dan teknik pengujian data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: (1) karyawan memiliki stres kerja dan turnover intention karyawan yang cukup, dan komitmen organisasional yang tinggi. Stres kerja dan komitmen organisasional memberikan sumbangan efektif sebesar 52% pada turnover intention karyawan, sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi ini; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan stres kerja terhadap turnover intention karyawan; (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan komitmen organisasional terhadap turnover intention karyawan.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan peneliti adalah (1) Bagi instansi disarankan untuk memberikan training kepada karyawan tentang manajemen waktu dan kepelatihan profesi agar karyawan dapat lebih bisa mengatur waktu untuk menyelesaikan satu pekerjaan tanpa mengganggu pekerjaan lainnya. (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang turnover intention karyawan selain pada model regresi ini, seperti kepuasan kerja, lingkungan kerja dan kompensasi.