SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Aplikasi Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah Terhadap Aspek Penghimpunan Dana Dan Aspek Penyaluran Dana (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang)

dewi puspitaningsih

Abstrak


ABSTRAK

Puspitaningsih, Dewi. Analisis Aplikasi Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah Terhadap Aspek Penghimpunan Dana Dan Aspek Penyaluran Dana (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang). Skripsi, program Studi Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR. H. Agung Winarno, MM., (II) Fadia Zen, S.E, M.M

Kata kunci: Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah, Penghimpunan Dana, Penyaluran Dana

 Perbankan syari’ah adalah perbankan yang beroperasi atas dasar prinsip-prinsip syari’ah. Prinsip syari’ah merupakan aturan dasar atau pokok yang berdasarkan hukum Islam. Prinsip ini menjadi landasan dan acuan dalam mengatur hubungan antara perbankan dan pihak-pihak lain serta di dalam usaha menghimpun dan menyalurkan dana dan aktivitas perbankan syari’ah lainnya. Selain itu dalam operasional perbankan syari’ah pada prinsipnya dapat melakukan kegiatan usaha sepanjang tidak bertentangan dengan petunjuk dan ketentuan syari’ah, peraturan perundang-undangan yang berlaku serta persetujuan Bank Indonesia dan Dewan Syari’ah Nasional.

Penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan dan memahami perspektif individu dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip perbankan syari’ah, proses internalisasi dan implikasinya terhadap aspek penyaluran dana dan aspek penghimpunan dana. Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, maka penelitian ini bersifat kualitatif interpretatif yang lahir dari pandangan, pemahaman, perasaan dan pengalaman subjektif aktor sosial. Desain  penelitian studi kasus ini adalah desain kasus tunggal terjalin (unit multi-analisis).  Desain terjalin atau dengan menggunakan unit multi analisis ini mengidentifikasi aplikasi prinsip perbankan syariah pada aspek penghimpunan dana dan aspek penyaluran dana.  Jadi unit analisis yang dikaji adalah implementasi sistem perbankan syariah dalam manajemen pembiayaan sebagai salah satu unit usaha operasional bank dan dalam pengembangan produk-produk Bank Muamalat Indonesia serta mengkaji persepsi dan pemahaman masyarakat terhadap bank syariah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Bank Muamalat prinsip-prinsip perbankan syariah sudah diterapkan dalam operasional usahanya. Untuk aplikasi penghimpunan dana masyarakat, dapat dilihat dari komponen neraca pada sisi pasiva. Produk-produk penghimpunan dana pada Bank Muamalat Indonesia seperti giro dan tabungan, menggunakan prinsip syariah wadi’ah yad dhamanah dan mudharabah muthlaqah. Untuk deposito menggunakan prinsip mudharabah muthlaqah dan simpanan khusus menggunakan prinsip mudharabah muqayyadah.

Untuk aplikasi penyaluran dana masyarakat, dapat dilihat dari komponen neraca pada sisi aktiva. Produk-produk penyaluran dana pada Bank Muamalat Indonesia seperti pembiayaan menggunakan metode mudharabah dan musyarakah. Sedangkan untuk piutang menggunakan prinsip syariah murabahah, istishna, ijarah dan qardh. Untuk persepsi dan pemahaman masyarakat terhadap bank syariah, penerapan bank syariah sebagai alternatif untuk membangun perekonomian Indonesia khususnya untuk jasa transaksi keuangan umat muslim, sebagai penerapan Islam secara utuh baik secara aqidah dan muamalahnya, masih memerlukan pengenalan yang lebih intensif. Hal ini dikarenakan regulasi perbankan syariah di Indonesia masih relatif baru.