SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Financial Distress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and beverages yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016

leni rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Leni. 2017. Pengaruh Financial Distress dan Ukuran Perusahaan terhadap Return Saham pada Perusahaan Sektor Food and Beveragesyang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak.

 

Kata Kunci : Return Saham, Financial Distress, Ukuran Perusahaan

 

Tujuan utama perusahaan pada dasarnya adalah untuk meningkatkan dan memaksimalkan kekayaan pemegang saham dengan cara memaksimalkan harga saham perusahaan. Pemegang saham membeli  saham perusahaan untuk memperoleh keungtungan yaitu deviden dan capital again. Investor memainkan peranan utama di pasar modal. Dalam berinvestasi, investor akan memilih saham yang memberikan return tertinggi karena tujuan mereka adalah untuk mendapatkan  return return yang maksimal dengan resiko yang kecil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kondisi return saham, financial distress, dan ukuran perusahaan pada perusahaan sektor food and beverages yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. (2) pengaruh financial distress terhada return saham pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI tahun 2014-2016 (3) engaruh ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI taun 2014-2016.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitas. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan Food And Beveragesyang terdaftar di BEI tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu dengan kriteria tertentu sehingga menghasilkan 14 perusahaan Food And Beveragesyang terdaftar di BEI. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi return saham pada perusahaan sektor food and beverages sebagian besar memiliki return saham dalam kategori sedang , sebagian besar dalam keadaan sehat dan sebagian besar perusahaan tergolong dalam ukuran kecil, (2) financial distresstidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, dan (3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap return saham.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah: (1) Bagi perusahaan, kedepannya untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik karena masih ada beberapa perusahaan yang berada pada grey area dan bahkan terindikasi mengalami distress, (2) Bagi investor, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasimengenai perkembangan return saham yang bermanfaat sebagai pertimbangan sebelum melakukan  kegiatan investasi, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya, agar menambah variabel-variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap return saham.