SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Di SMK PGRI 2 Malang)

Ariny Ariestanti Wynanda Bata

Abstrak


ABSTRAK

Bata, Ariny Ariestanti Wynanda. 2017. Pengaruh Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Di SMK PGRI 2 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Suharto S.M., M.Pd., M.M.

Kata Kunci: pengelolaan kelas, motivasi belajar, disiplin belajar, hasil belajar

Pendidikan dipandang sebagai alat untuk mendukung tujuan pembangunan nasional bangsa Indonesia. Pendidikan sebagai lembaga yang memberikan pelayanan kepada peserta didik agar dapat menambah pengetahuan, baik dalam bidang kognitif, afektif, maupun psikomotorik melalui proses pembelajaran. Keberhasilan dari proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun dari luar diri peserta didik, antara lain pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi pengelolaan kelas, motivasi belajar, disiplin belajar, dan hasil belajar; (2) Pengaruh pengelolaan kelas secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik; (3) Pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik; (4) Pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik; (5) Pengaruh pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X APk di SMK PGRI 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah Ex-Post Facto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional, sementara analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Analisis menggunakan bantuan program komputer SPSS 20. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pengelolaan kelas (X1), motivasi belajar (X2), dan disiplin belajar (X3), dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi yang sekaligus sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X APk SMK PGRI 2 Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 55 peserta didik, sehingga menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 4 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat baik (≥91), baik (81-90), cukup (70-80), kurang (60-69), dan sangat kurang (≤59). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder dari staf TU yaitu daftar nama serta dari guru tentang nilai peserta didik terkait aspek kognitif yang berasal dari nilai UAS semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk uji kelayakan instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan beberapa model asumsi klasik, yaitu: (1) Uji normalitas; (2) Ujimultikolinearitas; (3) Uji heteroskedastisitas.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas diklasifikasikan cukup baik; (2) Motivasi belajar diklasifikiasikan cukup baik; (3) Disiplin belajar diklasifikasikancukup baik; (4) Hasil belajar diklasifikasikan baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual; (2) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance ≥ 0,10 dan nilai VIF ≤ 10; (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik; (2) Motivasi belajar secara parsial tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik; (3) Disiplin belajar secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik; (4) Pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan disiplin belajar secara simultan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi pihak sekolah sebaiknya menambah strategi dan menyusun kegiatan yang dapat meningkatkan pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan disiplin belajar peserta didik; (2) Guru sebaiknya lebih meningkatkan pengelolaan kelas sehingga kegiatan belajar lebih baik lagi, menarik perhatian peserta didik dalam hal belajar agar mereka termotivasi dalam belajar, dan mengarahkan peserta didik untuk selalu berperilaku positif serta menaati peraturan; (3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melanjutkan penelitian ini, sebaiknya meneliti dengan menggunakan populasi yang lebih luas, atau juga kompetensi keahlian yang berbeda, serta dapat memikirkan faktor-faktor lain yang memiliki potensi berpengaruh terhadap hasil belajar karena masih banyak faktor-faktor lain di luar pengelolaan kelas, motivasi belajar, dan disiplin belajar yang berperan dalam pencapaian hasil belajar peserta didik.