SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA INSPIRED PRODUK FASHION KENDALSARI MALANG)

Priagung Hadi Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, PriagungHadi. 2017. Pengaruh Kualitas Produkdan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Inspired Produk Fashion Kendalsari Kota Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P, M.M

 

Kata Kunci :Kualitasproduk, Citra Merek, LoyalitasPelanggan.

 

Fashion merupakan sesuatu yang akanterus berkembang, perkembangannya sanga pesat dimulai dari zaman dahulu hingga pada era globalisasi, seperti pakaian yang dahulu menjadi kebutuhan yang tidak terlalu diperhatikan namun sekarang menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang penampilan dalam bermasyarakat terutama kaum remaja. Inspired merupakan perusahaan yang menyediakan kebutuhan terkait dengan kebutuhan akan pakaian yang berada di Kendalsari Kota Malang, Inspired adalah merek yang masih tetap eksis seiring dengan ketatnya persaingan yang ada. Adapun variabel yang akan diteliti terkait pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan.

              Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1. Deskripsi kualitas produk, citra merek dan loyalitas pelanggan, 2. Pengaruh kualitas Produk dan Citra Merek terhadap loyalitas pelanggan serta untuk mengetahui 3. Variabel bebas manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap Variabel loyalitas pelanggan pada Inspired Kendalsari Kota Malang. Menurut beberapa penelitian terdahulu kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

              Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatory research. Populasi pada penelitian ini didapatkan dari data penjualan Inspired pada januari-maret 2017, populasi bersifat finite population, sample yang digunakanberjumlah 200 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.

              Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan citra merek yang dimiliki oleh Inspired baik menurut nilai rata-rata yang diberikan responden sedangkan untuk loyalitas pelanggan pada Inspired telah mencapai tingkat yang lebih baik yaitu pelanggan telah mau merekomendasikan produk Inspired. Secara parsial kualitas produk dan citra merek berpengaruh positifdan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Saran peneliti untuk perusahaan harus memberikanvarian motif produk yang ditawarkan kepada pelanggan serta mengembangkan teknik pemasaran.Untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti dengan variable dan metode yang berbeda agar dapat menemukan suatu pembaharuan.