SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Prestasi Belajar Mapel Prakarya dan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang)

Feryn Yusmining Asri

Abstrak


ABSTRAK

 

Asri, Feryn Yusmining. 2017. Pengaruh Prestasi Belajar Mapel Prakarya dan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Suharto S.M., M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Mapel Prakarya dan Kewirausahaan, Efikasi Diri,  Minat Berwirausaha.

 

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional sejak awal tahun 2005 mulai mengembangkan kembali peran SMK dan lulusan SMK untuk siap kerja dan siap menjadi wirausaha. Cukup disadari bahwa saat ini SMK di Indonesia memiliki berbagai macam pembelajaran yang bertujuan agar menghasilkan lulusan yang siap kerja dan  berwirausaha. Untuk menghasilkan lulusan yang siap berwirausaha, guru memberikan dorongan agar peserta didik berminat berwirausaha. Minat berwirausaha dapat timbul karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya, salah satunya prestasi belajar dan efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII semua jurusan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Explanatory dan deskriptif. Lokasi penelitian ini terdapat di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII semua jurusan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 125 peserta didik. Dalam penelitian ini jumlah anggota populasi lebih dari 100, maka anggota populasi yang diambil untuk dijadikan sampel sebanyak 95. Metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket dengan menggunakan skala Likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen; (2) Ada pengaruh signifikan antara efikasi diri dan minat berwirausaha peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen ; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen diterima.

Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran, yaitu (1) peserta didik SMK Muhammadiyah 5 kepanjen diharapkan mempertahankan efikasi diri dengan memperkaya dasar-dasar kewirausahaan baik melalui buku, pengalaman orang disekitar, maupun dari lingkungan masyarakat; (2) Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen diharapkan mengetahui pentingnya prestasi belajar mapel prakarya dan kewirausahaan untuk menumbuhkan minat berwirausaha peserta didik untuk bisa diterapkan pada saat lulus sekolah maupun di masa depannya.

 

ABSTRACT

 

Asri, Feryn Yusmining. 2017. The Effect of Learning Achievement of Craft and Entrepreneurship Subject and Self Efficacy on Entrepreneurship Interest (Study for Learners in 12th Grade SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang Regency). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economic, Universitas Negeri Malang Advisor: Dr. H. Suharto S.M., M.Pd., M.M.

 

Keywords: Learning Achievement of Craft and Entrepreneurship Subject, Self Efficacy, Entrepreneurship Interest

 

Government through Ministry of National Education, since early of 2005, started to re-develop the role of Vocational High School (SMK) and Vocational High School graduates to be in work and to be entrepreneur. It is adequately realized that today Vocational High Schools in Indonesia have many learning subjects intended to produce graduates who are ready in work and to be entrepreneur. In order to produce graduates who are ready to be entrepreneur, teachers give encouragement in order to develop learner’s entrepreneurship interest. Entrepreneurship interest may be raised from factors that affect it such as learning achievement and self efficacy. This research aims to know the effect of learning achievement of craft and entrepreneurship subject and self efficacy to the entrepreneurship interest for students in the 12th Grade SMK (Vocational High School) Muhammadiyah 5 Kepanjen.

This research was quantitative research conducted by using explanatory and descriptive research type. The research location was in SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Subject that studied in this research was learners in the 12th Grade of all Departments SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen for 125 learners. In this research, population member was more than 100, and then population member taken to be research sample was 95 learners. Data collection method in this research used documentation and questionnaire by using Likert scale.

The research result showed that: (1) There was no significant effect between learning achievement of craft and entrepreneurship subject to the entrepreneurship interest for learners in the 12th Grade SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen; (2) There was significant effect between self efficacy to the entrepreneurship interest for learners in the 12th Grade SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen; (3) There was significant effect between learning achievement of craft and entrepreneurship subject and self efficacy to the entrepreneurship interest for learners in the 12th Grade SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Based on the research result, there are many suggestions as follow: (1) learners in the 12th Grade SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen should maintain their self efficacy by enriching entrepreneurship basics such as through books, experience of people around, or through societal environment; (2) SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen should know the importance of learning achievement of craft and entrepreneurship subject in order to develop learner’s entrepreneurship interest to be implemented after they graduated or in the future.