SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Menggunakan Aplikasi Ispring Presenter Pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI APK di SMKN 1 Pasuruan

Sandra Lutfianna

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfianna, Sandra. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Menggunakan Aplikasi Ispring Presenter Pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI APK di SMKN 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, hasil belajar

 

Penelitianinidilakukan di SMKN 1 Pasuruanpadamatapelajaransaranadanprasaranadenganmateriperencanaanpengadaandanpendistribusiansaranadanprasarana. Kelebihan media pembelajaranberbasisispring presenter inimudahdidistribusikandalam format flash makadariitu, tujuanpengembanganiniadalahmenghasilkanprodukberupa media pembelajaranberbasisispring presenter.

Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Reseach and Development yang di kembangkan oleh Dick and Carey, melalui tahap (1) identifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis intruksional, (3) pengembangan tes acuan patokan, (4) pengembangan strategi pengajaran, (5) pengembangan atau memilih pengajaran, (6) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, (7) revisi pengajaran. Validassi media dilakukan oleh 2 ahli media, 2 ahli materi dan 34 pengguna (siswa). Rancangan penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Sebelum soal posttest digunakan terlebih dahulu soal tersebut diuji coba agar mengetahui soal yang baik yang digunakan sebagai posttest.

Pengembangan media pembelajaranberbasisispring presenter inidinyatakancukup valid berdasarkanhasisanalisissebagaiberikut: validasiahli media 80,4%, validasiahlimateri 74,61%, danhasilujicobapengguna (siswa) mencapai 82% yang menyatakan media pembelajaran valid dandapatdigunakan. Dari hasilnilai rata-rata kelaseksperimen 78,2353dankelaskontrol 72,6875, didapatstandardeviasikelaseksperimensebesar 2,81833 sedangkanuntukkelaskontrolsebesar 19,9894.

Standardeviasiialahsimpanganbakudariselisihnilai yang dapatdigunakanuntukmengujiuji F danmenilaiperbedaanvarian. Berikutadalahpengujianhipotesisuntukuji F (ujikesamaanvarian), H0: Tidakadaperbedaanvarianantarakelaseksperimendengankelaskontrol, Ha: Ada perbedaanvarianantarakelaseksperimendankelaskontrol.Berdasarkanhasiluji F nilaisignifikasiadalahsebesar 0,010 (0,05sehingga H0diterima, sehinggapadapengujianuji t disimpulkantidakadaperbedaandan media tidakdapatmeningkatkanhasilbelajar siswa.

Kesimpulandaripenelitianpengembanganiniadalah media pembelajaranberbasisispring presenter yangdikembangkantidakdapatmeningkatkanhasilbelajarpadakelaseksperimen.Saran pemanfaatan media sebaiknyapenelitiselanjutnyamenggunakan media pembelajaran lain.