SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH CUSTOMER TRUST DAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA PELANGGANTOKO ALAT MUSIK EMMANUEL MUSIC CENTER MALANG)

Muhammad Ferdiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ferdiansyah, Muhammad. 2017. Pengaruh Customer Trust dan Customer Perceived Value Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada pelanggan toko alat music Emmanuel Music Center Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.Pd, M.Sc.

 

Kata Kunci:Customer Trust, Customer Perceived Value, Loyalitas Pelanggan.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena persaingan di industry retail took alat music,untuk memperoleh loyalitas pelanggan. Persaingan ini khususnya di daerah Malang, membuat EMC Malang perlu mempertahankan customer trust dan menjaga customer perceived value.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh customer trus tterhadap loyalitas pelanggan took alat dan perlengkapan music EMC Malang, (2) pengaruh customer perceived value terhadap loyalitas pelanggan took alat dan perlengkapan music EMC Malang.

Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.  Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan EMC Malang dengan jumlah sampel 138  responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan customer trust terhadap loyalitas pelanggan EMC Malang dibuktikan dari nilai t hitung 5,382 dan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05, berarti ada pengaruh yang signifikan dari variabel customer trust terhadap variabel loyalitas serta nilai koefisiensi regresi X1 sebesar 0,480 menunjukkan bahwa X1 memiliki pengaruh positif (searah) terhadap Y, artinya kenaikan X1 sebanyak 1 satuan akan menyebabkan Y meningkat sebesar 0,480 dan sebaliknya: (2) terdapat pengaruh positif customer perceived value terhadap loyalitas pelanggan EMC Malang dibuktikan darinilai t hitung 2.002 dan nilai signifikansi t sebesar 0,047< 0,05, berarti ada pengaruh yang signifikan dari variabel customer perceived value terhadap variabel loyalitas serta nilai koefisiensi regresi X2 sebesar 0,568 menunjukkan bahwa X2 memiliki pengaruh positif (searah) terhadap Y, artinya kenaikan X2 sebanyak 1 satuan akan menyebabkan Y meningkat sebesar 0,568 dan sebaliknya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diajukan adalah EMC Malang diharapkan untuk meningkatkan pelayanannya, kualitasnya maupun mutu produknya. Selain itu dalam melakukan pelayanannya EMC Malang harus tetap menjaga profesionalitas dan standar yang sudah ada agar meningkatkan pengalaman yang baik untuk pelanggan dan perlu diadakan penelitian lanjutan dengan menambah variable dan instrument penelitian untuk melengkapi kekurangan dalam penelitian ini.