SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari Lamongan

Mu'tabar Dini Muhammad

Abstrak


ABSTRAK

 

Muhammad, Mu’tabar Dini. 2017. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari Lamongan. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M.

 

Kata Kunci: experiential marketing, kepuasan pengunjung

 

Wisata Bahari Lamongan (WBL) merupakan tempat rekreasi terbesar di pesisir pantai Jawa. WBL harus terus mengupayakan pemasaran yang dapat memberikan kepuasan bagi para pengunjungnya melalui konsep pemasaran experiential marketing. Kepuasan konsumen sangat penting untuk dicapai dan ditingkatkan oleh WBL, mengingat persaingan pariwisata antar daerah di Indonesia belakangan ini makin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan experiential marketing (sense, feel, think, act, relate) dan kepuasan pengunjung WBL, (2) pengaruh experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate) secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengunjung WBL, (3) Variabel experiential marketing yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung WBL.

Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Peneliti memilih WBL sebagai lokasi penelitian dan menjadikan pengunjungnya sebagai populasi dan sampel. Jumlah populasi adalah sebanyak 1.600 pengunjung. Dalam pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus estimasi proporsi sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 180 pengunjung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis data sebagai berikut: (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas, (3) Rentang Skala, (4) Uji Asumsi Klasik, (5) Analisis Regresi Linier Berganda, (5) Uji Hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden mendapatkan pengalaman sense, feel, think, act, dan relate yang baik atau menyenangkan selama di WBL. Experiential marketing yang terdiri dari variabel sense, feel, think, act, dan relate experience secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung WBL. Variabel feel dan think experience merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung WBL.

Berdasarkan pada penelitian disarankan kepada pihak WBL untuk meningkatkan sense, feel, think, act, dan relate experience kepada para pengunjung agar kembali berkunjung. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel lain di luar variabel yang sudah diteliti.