SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja melalui Stres Kerja (Studi pada Perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen kab Malang)

Dewi Khusniyah Zum Zumi

Abstrak


ABSTRAK

 

Zumi, Dewi Khusniyah Zum. 2017. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja melalui Stres Kerja (Studi pada Perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Kab Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Stres Kerja

 

Rumah sakit merupakan lembaga pelayanan kesehatan dengan fasilitas paling lengkap dibandingkan dengan pelayanan kesehatan yang lainnya. Pelayanan rumah sakit yang bermutu berdasar pada sumber daya yang bermutu pula di dalamnya. Salah satu sumber daya terpenting dalam rumah sakit ialah perawat. Perawat merupakan ujung tombak rumah sakit karena mereka yang merawat, memelihara, dan menjaga langsung pasien yang mana kualitasnya bisa dirasakan langsung oleh pelanggan. Perawat juga menjadi sangat penting perannya karena merekalah yang selalu ada dalam setiap bagian di rumah sakit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi beban kerja, stres kerja, dan kepuasan kerja yang dialami perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang. Selanjutnya, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap stres kerja, pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja, pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja, serta pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 143 orang perawat dari 223 perawat di Rumah Sakit Wava Husada. Sampel di hitung dengan menggunakan rumus Slovin dan di ambil dengan menggunakan teknik convenience sampling yaitu teknik pengambilan sampel untuk mendapatkan data dengan memanfaatkan orang yang sudah ada di tempat tersebut. Kuesioner yang disebar merupakan kuesioner tertutup dengan 5 (lima) pilihan jawaban.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Kab Malang atau H1 diterima. Kedua, beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang atau H2 diterima. Ketiga, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang atau H3 diterima. Keempat, beban kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja melalui stres kerjaperawat di Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen Malang atau H4 diterima.