SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Matahari Department Store MATOS)

Dita Pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Pertiwi, Dita. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardahdi Matahari Department Store Matos). Skipsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M.

Kata kunci: celebrity endorser, keputusan pembelian

Banyak perusahaan yang menggunakan celebrity endorser untuk mendukung iklan dalam menginformasikan manfaat dan keunggulan produk baru yang akan dipasarkan. Salah satunya kosmetik Wardah merupakan brand kosmetik berlabel halal dan cenderung memilih selebriti yang berhijab sebagai celebrity endorser dalam mendukung iklan produk. Pada kali ini Wardah memperkenalkan selebritis Raline Shah sebagai celebrity endorser yang menjadi permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini.     

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi kondisi celebrity endorser (kepercayaan, keahlian, daya tarik fisik, rasa hormat, kesamaan) dan keputusan pembelian kosmetik Wardahdi Matahari Department Store MATOS. (2) Besar pengaruh celebrity endorser (kepercayaan, keahlian, daya tarik fisik, rasa hormat, kesamaan) terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Matahari Department Store MATOS.

Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan penelitian explanatory. Sampel pada penelitian ini yaitu 150 responden konsumen kosmetik Wardah di Matahari Department Store MATOS. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner atau angket. Untuk menguji hubungan antar variabel menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Uji hipotesis menggunksn uji t.

Hasil dari penelitian ini adalah:(1) Deskripsi kondisi celebrity endorser dengan indikator (kepercayaan, keahlian, daya tarik fisik, rasa hormat, dan kesamaan) Raline Shah berkategori baik, yang yang artinya Raline Shah mendapatkan kepercayaan yang tinggi, memiliki keahlian yang tinggi, memiliki daya tarik fisik yang tinggi, memiliki rasa hormat yang cukup tinggi, dan memiliki kesamaan yang cukup tinggi sebagai celebrity endorser kosmetik Wardah. Deskripsi kondisi keputusan pembelian konsumen kosmetik Wardahdi Matahari Department Store MATOS berkategori baik, yang artinya konsumen mengetahui bahwa kosmetik Wardah merupakan merek produk yang terkenal dan halal, memiliki kualitas yang unggul, dan memiliki image yang baikhal tersebut dapat dilihat dari jawaban responden atas pertanyaan yang diajukan peneliti (2) Kemampuan variabel celebrity endorser dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen kosmetik Wardah adalah sebesar 27,6%

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan peneliti adalah: (1)Hendaknya dalam mengkomunikasikan pesan iklan perusahaan dapat lebih mengevaluasi celebrity endorser yang akan mewakil, khususnya pada indikator integritas, keahlian dalam menyampaikan pesan iklan, prestasi, dan karakteristik celebrity endorser. (2)Hendaknya Wardah lebih menekankan pada hal-hal lain selain celebrity endorser dalam menarik konsumen, misalnya kualitas produk, iklan TV dan lain-lain. (3)Pada peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian lebih luas mengenai celebrity endorser terhadap keputusan pembelian.