SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Profil Indah Kharisma-Ngoro Industri Persada)

Yofi Hendra Andika

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Andika, Yofi. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Profil Indah Kharisma-Ngoro Industri Persada). Skripsi. Jurusan Manajemen. S1 Manajemen Sumber Daya Manusia. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Afwan Hariri Agus Prohimi,S.E,M.Si

 

Kata Kunci : Kepemimpinan Trasformasional, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja

 

Kepuasan kerja karyawan merupakan faktor penting dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, kepuasan kerja mempengaruhi berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kualitas kepuasan kerja yang didapatkan oleh karyawan tergantung bagaimana perusahaan mengelola serta mengatur karyawannya (Griffin, 2006:43). Maka dari itu seorang pemimpin mempunyai peran yang penting dalam tercapainya suatu tujuan perusahaan. Salah satu gaya kepemimpinan yang dapat meningkatkan motivasi karyawan adalah gaya kepemimpinan transformasional (Bass, 1990:99). Untuk itu peneliti ingin mengetahui 1) Bagaimana deskripsi gaya kepemimpinan tranformasional, motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan PT Profil Indah Kharisma? 2) Apakah gaya kepemimpinan tranformasional berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan PT Profil Indah Kharisma? 3) Apakah gaya kepemimpinan tranformasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT Profil Indah Kharisma? 4) Apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan PT Profil Indah Kharisma? 5) Apakah gaya kepemimpinan tranformasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja melalui motivasi kerja karyawan PT Profil Indah Kharisma?

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Profil Indah Kharisma yang berjumlah 98 karyawan. Dengan  pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis), dengan bantuan komputer program SPSS 22.0 for Windows.

Berdasarkan analisis data diketahui bahwa 1) Terdapat pengaruh secara langsung dan positif sebesar 0,973 yang signifikan sebesar 0.000 antara variabel kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja karyawan. 2) Terdapat pengaruh secara langsung dan positif sebesar 0,215 yang signifikan sebesar 0.014 antara variabel kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan. 3) Terdapat pengaruh secara langsung dan positif sebesar 0,771 yang signifikan sebesar 0.000 antara variabel motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. 4) Terdapat pengaruh secara tidak langsung dan positif sebesar 0,750 yang signifikan antara variabel kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja yang dimediatori motivasi kerja karyawan PT Profil Indah Kharisma.

 

Berdasarkan penelitian ini, saran bagi perusahaan agar untuk maksimalkan penerapan model kepemimpinan transformasional dengan lebih meningkatkan komunikasi kepada para karyawan, serta lebih memperhatikan tingkat kepuasan kerja karyawan guna mendukung dan meningkatkan kepercayaan, dan motivasi kerja karyawan dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi karyawan guna untuk tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang terkait dengan variabel kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan motivasi kerja dengan mengkombinasikan atau mengganti faktor-faktor lain, serta diharapkan mengambil cakupan reaponden yang lebih luas.