SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SMARTPHONESAMSUNG (StudiKasusPadaMahasiswaUniversitasNegeri Malang FakultasEkonomi Prodi S1 ManajemenAngkatan 2014/2015)

Yulius Risqi Ariyoga

Abstrak


; "> ABSTRAK Ariyoga, Y.R. 2017. Pengaruh Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap
Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri
Malang Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014/2015). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.pd.,S.E.,M.Sc
Kata Kunci: persepsi nilai, kepercayaan, loyalitas pelanggan Persaingan dalam bisnis khususnya bidang smartphone memacu para pebisnis senantiasa memperhatikan apa yang menjadi keinginan para konsumen dalam menciptakan sebuah produk, serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memeuaskan daripada yang dilakukan dengan pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana deskripsi persepsi nilai, kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada produk Smartphone Samsung (2) pengaruh persepsi nilai dan kepercayaan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap loaylitas pelanggan produk
Smartphone Samsung Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi nilai (X) dan kepercayaan (M), sedangkan untuk variabel terikatnya loyalitas pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Prodi S1 Manajemen Angkatan 2014/2015 yang menggunakan produk Smartphone Samsung yaitu sebanyak 144 responden yang tergolong dalam populasi yang terhingga (Finite Population). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportionate
Random Sampling, sedangkan untuk penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yaitu diperoleh sampel sebanyak 106 responden. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban yaitu sangat setujuu (SS), setuju (S), cukup setuju (CS), tidak setuju (TS) dan sangat tidak setujuu (STS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan membagikan kuesioner. Uji kelayakan untuk instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis path. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Persepsi nilai pada
Smartphone Samsung dikatakan baik; (2) Kepercayaan pada produk Smartphone Samsng dikatakan baik; (3) Loyalitas pelanggan pada Smartphone Samsung dikatakan telah loyal kepada produk samsung. Varibel persepsi nilai mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, karena mempunyai nilai sebesar 2.807 dengan 1,6579 dan tingkat signifikansinya sebesar 0,001 (Sig