SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan Tetap Pabrik Gula Poerwodadie)

Bayu Budi Waskito

Abstrak


ABSTRAK

 

Waskito, Bayu Budi. 2017. Pengaruh Kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen Organisasional sebagai variabel intervening (Studi Pada Karyawan Tetap Pabrik Gula Poerwodadie). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Organizational Citizenship Behavior.

 

Sumber Daya Manusia (SDM) sering beranggapan menjadi salah satu asset penting yang harus dijaga dan dikembangkan perusahaan. Namun, pada kenyataannya banyak masalah – masalah antar karyawan, kurang mempercayai rekan kerja, kurang aktif berpartisipasi untuk perusahaan serta masih banyak mengeluh tentang keadaan didalam perusahaan. Hal ini mengindikasikan rendahnya organizational citizenship behavior (OCB) yang dimiliki oleh karyawan.

Terdapat banyak variabel yang berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Pada penelitian ini variabel yang digunakan adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi Kepuasan Kerja(X), Komitmen Organisasional (Z), dan Organizational Citizenship Behavior (Y) Karyawan Tetap Pabrik Gula (PG) Poerwodadie Glodog Magetan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening pada Karyawan Tetap PG Poerwodadie.

Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan Tetap PG Poerwodadie yang berjumlah 249 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 153 orang dengan teknik sampling yang digunakan yaitu proportional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan progam SPSS dengan teknik analisis jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepuasan kerja, organizational citizenship behavior, dan komitmen organisasional Karyawan Tetap PG Poerwodadie tergolong tinggi. 2) terdapat pengaruh langsung signifikan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai beta terstandarisasi sebesar (positif) 0,168 kemudian pengaruh langsung signifikan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dengan nilai beta terstandarisasi sebesar (positif) 0,296 dan pengaruh langsung signifikan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai beta terstandarisasi sebesar (positif) 0,584 pada Karyawan Tetap PG Poerwodadie. 3) selain pengaruh langsung, terdapat pengaruh tidak langsung kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening yaitu sebesar 0,172.

Berdasarkan hasil penelitian, saran bagi PG Poerwodadie diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kepuasan kerja yang diberikan kepada Karyawan Tetap. Terlebih pada kepuasan terhadap kesempatan promosi salah satu contoh memberikan kesempatan karyawan untuk meningkatkan derajat mereka lebih tinggi.