SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan smkn 1 boyolangu tulungagung

faried achyar mahmuddin mahmuddin

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahmuddin, Faried Achyar. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Kearsipan Smkn 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Mata Pelajaran Kearsipan

 

Guru memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pelaksanaan proses belajar mengajar untuk mendidik peserta didik dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Salah satu kompetensi yang dinilai dalam kinerja guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Menurut Peraturan Pemerintah RI No 74 Tahun 2008 kompetensi pedagogik merupakan “Kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang meliputi  pemahaman wawasan  kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus,  perancangan pembelajaran,  pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 Boyolangu ? (2) Apakah kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 Boyolangu sudah optimal ? (3) Apa kendala yang dihadapi guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 Boyolangu dalam kompetensi pedagogik ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menurut Moleong (2015:4) penelitian kualitatif didefinisikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran kearsipan yang berjumlah dua orang guru ditambah satu kepala sekolah di Smkn 1 Boyolangu. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara.

Berdasarkan hasil pembahasan terkait dengan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Boyolangu dalam menyelenggarakan proses pembelajaran kepada peserta didiknya dengan menguasai kompetensi pedagogik dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 boyolangu menyelenggaran kompetensi pedagogik  secara efektif dan baik. (2) Guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 boyolangu sudah optimal dalam menyelenggarakan kompetensi pedagogik. (3) Guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 boyolangu bisa meminimalisir kendala yang dihadapi dalam melakuka kompetensi pedagogik.

 

ABSTRACT

 

Mahmuddin, Faried Achyar. 2017. Competency Analysis of Pedagogical Teachers Subject Archives Smkn 1 Boyolangu Tulungagung. Sarjan’s Thesis, Study Program S1 Office Administration Education, Department of Management, Faculty of Economics, State University of Malang, Supervisor (1) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M

 

Keywords: Pedagogic Competency, Archive Lesson Teacher.

 

Teachers have a very strategic position in the implementation of teaching and learning process to educate learners with skills and expertise. One of the competencies assessed in teacher performance is pedagogic competence. Pedagogic competence is one of the competencies teachers must possess. According to the RI Government Regulation No. 74 of 2008 pedagogic competence is "The ability of teachers in learning management of learners that include understanding of educational insight, understanding of learners, curriculum development / syllabus, learning design, the implementation of educational and dialogical learning, the use of learning technology, evaluation learning outcomes, and the development of learners in actualizing their potential.

The purpose of this research is to know: (1) How is the pedagogic competency of the subject matter of teacher in Smkn 1 Boyolangu? (2) Is the pedagogical competency of the teacher of the archival subject in Smkn 1 Boyolangu is optimal? (3) What are the obstacles facing teachers of the archival subjects in Smkn 1 Boyolangu in pedagogic competence?

This research uses qualitative approach with descriptive research type. According to Moleong (2015: 4) qualitative research is defined as a research procedure that produces descriptive data in the form of written or oral words of people and behavior that can be observed. The subject of this research is the teacher of archival subjects which amounted to two teachers plus one principal in Smkn 1 Boyolangu. Data collection procedure with observation, documentation and interview.

Based on the results of the discussion related to the pedagogical competence of teachers of archival subjects in SMK Negeri 1 Boyolangu in organizing the learning process to students by mastering pedagogic competence can be concluded research results as follows: (1) Teacher of archival subjects in Smkn 1 boyolangu conducting pedagogic competence effectively and well. (2) Teacher archival subjects in SMK Negeri 1 boyolangu is optimal in organizing pedagogic competence. (3) Teachers of archival subjects in SMK Negeri 1 boyolangu can minimize the obstacles faced in performing pedagogic competence.