SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Kepemimpin Demokratis dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Departemen Human Capital System Development (HCSD) dan Center of Dynamic Learning (CDL) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk).

Ryan Aji Primadasa

Abstrak


ABSTRAK

 

Primadasa, Ryan A. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpin Demokratis dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Departemen Human Capital System Development (HCSD) dan Center of Dynamic Learning (CDL) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.pd, M.M

 

 Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Demokratis, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Karyawan

 

 

Pengelolaan sumber daya manusia yang maksimal akan memberikan kemajuan bagi perusahaan, yang dilakukan dengan memaksimalkan kepuasan kerja karyawan. Gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan agar kepuasan kerja karyawan dalam organisasi dapat tercapai. Pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan tersendiri dapat mendorong karyawan dalam meningkatkan kemampuan kerja, mempengaruhi dan mengarahkan karyawan sesuai dengan bidangnya. Salah satu contoh gaya kepemimpinan yang ada adalah gaya kemimpinan demokratis. Penerapan gaya kepimpinan demokratis memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai. Kondisi lingkungan kerja yang kondusif memungkinkan karyawan untuk merasa nyaman dalam bekerja, yang kemudian berdampak secara tidak langsung dalam peningkatan kepuasan kerja karyawan.

Adapun rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini diantaranya untuk (1) mengetahui bagaimana kondisi deskriptif gaya kepemimpinan demokratis, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja karyawan Departemen HCSD dan CDL PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (2) mengetahui pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan demokratis terhadap kepuasan kerja karyawan Departemen HCSD dan CDL PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (3) pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Departemen HCSD dan CDL PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (4) dan mengetahui variabel paling dominan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Departemen HCSD dan CDL PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Berdasarkan jenis datanya penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitif. Populasi yang digunakan adalah karyawan yang ada di Departemen HCSD dan CDL PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk sebanyak 32 orang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah sebanyak 32 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Jenuh. Tehnik pengambilan data menggunakan kueisoner, studi pustaka dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi deskriptif gaya kepemimpinan demokratis, lingkungan kerja dan kepuasan kerja tergolong baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis dan lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, serta lingkungan kerja merupakan faktor paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan Departemen HCSD dan CDL PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.