SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasional dengan Persepsi Dukungan Organisasi sebagai Variabel Pemoderasi pada Karyawan PT Indra Karya Malang

Imam Taufik

Abstrak


ABSTRAK

 

Taufik, Imam. 2017. Pengaruh Stres Kerja terhadap Komitmen Organisasional dengan Persepsi Dukungan Organisasi sebagai Variabel Pemoderasi pada Karyawan PT Indra Karya Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah, S.E., M.Si

 

Kata Kunci : Stres Kerja, Persepsi Dukungan Organisasi, Komitmen Organisasional

      

Dukungan organisasi harus selalu diberikan kepada karyawan, diharapkan dengan dukungan organisasi akan meningkatkan keinginan para karyawan untuk bersedia mengerahkan kemampuan terbaik mereka dalam membantu perusahaan meraih tujuannya. Dengan bentuk dukungan yang tepat maka akan membentuk komitmen organisasional yang kuat kepada setiap karyawan dan dapat menurunkan tingkat stres kerja mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi stres kerja, persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasional yang dirasakan karyawan PT. Indra Karya Malang (2) apakah stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Indra Karya Malang (3) apakah persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Indra Karya Malang (4) apakah persepsi dukungan organisasi memoderasi pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Indra Karya Malang.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana serta metode Moderated Regression Analysis (MRA) untuk mengetahui pengaruh moderasi persepsi dukungan organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Indra Karya Malang yang berjumlah 295 karyawan. Sampel diambil dengan Teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 143 responden. Pengolahan data penelitian ini menggunakan program IBM SPSS 25.

Hasil penelitian ini adalah (1) kondisi stres kerja serta persepsi dukungan organisasi karyawan PT. Indra Karya Malang dalam kategori tinggi (2) komitmen organisaional karyawan PT. Indra Karya Malang dalam kategori cukup (3) terdapat pengaruh positif signifikan stres kerja terhadap komitmen organisasional pada karyawan PT. Indra Karya Malang (4) terdapat pengaruh positif signifikan persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisasional pada karyawan PT. Indra Karya Malang (5) persepsi dukungan organisasi tidak memoderasi pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional pada karyawan PT. Indra Karya Malang.

Kesimpulan penelitian ini adalah (1) stres kerja bepengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Indra Karya Malang (2) persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan PT. Indra Karya Malang (3) persepsi dukungan organisasi tidak memoderasi pengaruh stres kerja terhadap komitmen organisasional, namun berperan sebagai variabel independen yang mempengaruhi komitmen organisasional.

Saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah (1) bagi PT. Indra Karya Malang untuk tetap melakukan apa yang sudah menjadi keseharian di PT. Indra Karya Malang terkait gejala stres kerja, yaitu pemberian kegiatan yang positif untuk menjaga tingkat stres kerja seperti kegiatan outbound secara berkala atau dengan kegiatan ringan seperti senam atau jalan santai setiap pekan (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan model yang sama pada konteks objek yang berbeda untuk menguji variabel persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderasi terhadap pengaruh antar variabel lain maupun mengujinya sebagai variabel independen.