SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention pada Karyawan Bagian Produksi PT. Profil Indah Kharisma Ngoro Industri Persada Kabupaten Mojokerto

Teguh Setya Budi

Abstrak


ABSTRAK

 

Budi, Teguh Setya. 2017. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention pada Karyawan Bagian Produksi PT. Profil Indah Kharisma Ngoro Industri Persada Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Lohana Juariyah S.E., M.Si.

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Turnover Intention

Turnover Intention karyawan merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele bagi perusahaan, karena jika karyawan banyak yang berfikir untuk keluar dari perusahaan, maka perusahaan akan terancam kekurangan tenaga kerja, dan untuk menggantikan tenaga kerja yang keluar juga butuh waktu dan juga anggaran dana yang tidak sedikit, selama masa kekosongan suatu posisi juga akan mengganggu motivasi, dan kepuasan karyawan dalam bekerja, dan juga akan mengganggu karyawan dalam menyelesaikan tugasnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) deskripsi tentang, motivasi kerja, lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan Turnover intention pada PT. Profil Indah Kharisma Ngoro Industri Persada Kabupaten Mojokerto, (2) Pengaruh negatif signifikan motivasi kerja terhadap turnover intention karyawan PT Profil Indah Kharisma, (3) Pengaruh negatif signifikan lingkungan kerja terhadap turnover intention karyawan PT Profil Indah Kharisma, (4) Pengaruh negatif signifikan Kepuasan kerja terhadap turnover intention karyawan PT Profil Indah Kharisma Ngoro Industri Persada Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Subjek penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT. Profil Indah Kharisma Ngoro Industri Persada Kabupaten Mojokerto. Jumlah populasi dalam penelitian ini 98 karyawan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel, data diperoleh melalui kuisioner, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan program aplikasi SPSS for windows 10.

Dari analisis data diperoleh hasil dari penelitian sebagai berikut : motivasi kerja karyawan memiliki nilai rata-rata sebesar 2,72 yang masuk dalam kriteria cukup termotivasi; lingkungan kerja karyawan memiliki nilai rata-rata sebesar 2,96 yang masuk dalam kriteria cukup nyaman dengan lingkungan kerja yang ada; kepuasan kerja karyawan memiliki nilai rata-rata sebesar 2,23 yang masuk dalam kriteria kurang puas; turnover intention karyawan memiliki nilai rata-rata sebesar 4,24 yang masuk dalam kriteria tinggi. Hasil analisis menggunakan spss menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja karyawan berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention karyawan, artinya H1 diterima; (2) Lingkungan kerja karyawan berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention karyawan, artinya H2 diterima; (3) Kepuasan kerja karyawan berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention karyawan, yang berarti H3 diterima.

Kesimpulan dari penelitian yang ditemukan adalah: (1) motivasi kerja karyawan masuk kriteria cukup termotivasi; lingkungan kerja karyawan masuk dalam kriteria cukup baik dan menunjang kinerja karyawan; kepuasan kerja karyawan masuk dalam kriteria kurang puas; turnover intention karyawan masuk dalam kriteria tinggi, sehingga karyawan banyak yang ingin keluar dan pindah kerja. (2) motivasi kerja karyawan berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention. (3) lingkungan kerja karyawan berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention keryawan. (4) kepuasan kerja karyawan berpengaruh negatif signifikan tehadap turnover intention karyawan.

Saran yang bisa diberikan peneliti berdasarkan temuan antara lain : (1) motivasi kerja dalam perusahaan sudah cukup baik ini hendaknya dipertahankan atau lebih baik lagi ditingkatkan contohnya dengan memberikan kotak saran agar aspirasi karyawan dapat tersampaikan dan mengkaji saran yang dinginkan karyawan dan juga melaksanakan saran yang baik, dan mendukung kinerja karyawan dan juga mendukung untuk kemajuan perusahaan agar intensi turnover pada karyawan juga akan menurun. (2) suara bising dari mesin yang ada ditempat kerja sangat menggnggu karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya sehinga perusahaan perlu menanggulangi hal ini seperti memberikan karyawan penutup telinga dan sebagainya (3) tuntutan dari karyawan setidaknya juga diperhatikan dikaji lagi apakah layak untuk direalisasikan, atau memberikan alternatif terhadap keinginan karyawan, agar karyawan merasa puas dalam bekerja dan turnover intention pada karyawan berkurang.