SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Member Melilea Malang)

Goritno . Goritno

Abstrak


ABSTRAK

 

Goritno, 2017. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Member Melilea Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M.

 

Kata kunci: green marketing, green product, green price, green promotion, green place, keputusan pembelian.

 

Di zaman industri dan persaingan global ini, dunia usaha semakin meningkat oleh karena organisasi-organisasi dunia seperti APEC, memberikan kebebasan untuk berinvestasi di Negara manapun yang diinginkan oleh seseorang untuk berinvestasi yang diiringi dengan pesatnya berbagai kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di segala bidang, tidak ada lagi pembatasan-pembatasan yang dapat melindungi kepentingan perdagangan pada suatu negara, tanpa memikirkan terlebih dahulu apa yang akan terjadi dari aktivitas mereka kedepannya. Hal tersebut memunculkan ide untuk membuat produk yang termurah tapi tetap berkualitas demi memenangkan persaingan dengan cara menghalalkan segala cara, salah satunya dengan membuat produk makanan dari bahan baku buatan atau bahan baku pengganti yang terkadang banyak membahayakan lingkungan sekitar. Hal ini ditandai dengan tingginya angka kematian dan kesakitan yang diakibatkan oleh Penyakit Bawaan Makanan (PBM). Konsep green marketing merupakan strategi pemasaran dengan pendekatan terhadap isu lingkungan.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui deskripsi green marketing dan keputusan pembelian produk organik di Graha Melilea Store Dealer Malang, (2) pengaruh secara parsial dan simultan green marketing yang terdiri dari green product, green price, green promotion, dan green place terhadap keputusan pembelian produk organik di Graha Melilea Store Dealer Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dan penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan member Melilea yang membeli produk Melilea di Graha Melilea Store Dealer Malang dari tanggal 1 Mei sampai 30 Mei 2017 yang berjumlah 200 member. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling sedangkan untuk penentuan jumlah sample menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 133 responden digenapkan menjadi 140 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert yang terdiri dari 5 skala pilihan jawaban. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Regresi linier berganda didahului uji asumsi klasik, dan dilanjutkan dengan uji F dan uji t.

Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Konsumen sudah mempersepsikan variabel green marketing dan keputusan pembelian dengan baik, (2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara green product terhadap keputusan pembelian produk organik pada pelanggan member Melilea Malang, (3) Terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan antara green price terhadap keputusan pembelian produk organik, (4) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara green promotion terhadap keputusan pembelian produk organik, (5) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara green place terhadap keputusan pembelian produk organik, (6) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara green marketing terhadap keputusan pembelian produk organik.

Berdasarkan hasil dalam penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) Bagi Distributor Melilea Malang hendaknya mempertahankan dan atau meningkatkan strategi green product, green promotion, dan green place yang terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk organik pelanggan member Melilea, (2) Bagi Distributor Melilea Malang hendaknya mencari inovasi strategi green price baru yang mampu untuk meningkatkan kemampuan keuangan pelanggan member Melilea Malang karena terbukti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk organik, (3) bagi pelanggan member Melilea hendaknya berinovasi dan berkreasi dengan menciptakan produk-produk organik berbahan dasar produk-produk organik Melilea yang memiliki nilai jual untuk mencari dan menerapkan strategi green price, agar keuangannya mampu untuk mengkonsumsi produk organik Melilea dalam jangka waktu lama, (4) Perlu dikembangkan lagi variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian produk organik karena pada hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel green price tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk organik sehingga menunjukkan bahwa ada variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian produk organik pada pelanggan member Melilea Malang.