SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM KOTA MALANG BAGIAN ADMINISTRASI DAN KEUANGAN

Rio Ryan Naldi Muhammad

Abstrak


ABSTRAK

 

Muhammad, Rio Ryan Naldi. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Prof. Ery Tri Djatmika, RWW., MA., M.Si.

 

Kata Kunci :Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi,Kinerja Karyawan

 

Sumber daya manusiamerupakan faktor yang sangat penting dalam setiap perusahaan dan menjadisalah satu penentu utama pada kemajuan suatu perusahaan. Salah satu hal yang dapat memajukan perusahaan adalah dengan meningkatkan kinerja karyawannya. Kinerja karyawan yang tinggi akan membawa perusahaan semakin baik dan berkembang.Perusahaan harus memperhatikan lingkungan kerja karyawan apabila ingin meningkatkan kinerja karena karyawan selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Disiplin kerja juga harus diperhatikan karena dengan keteraturan karyawan akan dapat memiliki kinerja tinggi.Komitmen organisasiyang tinggi akan membuat karyawan merasa terlibat dalam perusahaan sehingga terpacu untuk memiliki kinerja tinggi.

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan lingkungan kerja, disiplin kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan pada PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan; (2) untuk mengetahui apakah lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan;(3) untuk mengetahui apakah disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan; (4)untuk mengetahui apakah komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawandi PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan dengan jumlah 134 karyawan.Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random samplingdengan jumlah sampel 100 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner tertutup.

            Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan; (2) disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan; (3) komitmen organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PDAM Kota Malang bagian Administrasi dan Keuangan.