SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Komik Indonesia Berdasarkan Presepsi Konsumen Di Kota Malang

ARASHI CHALEDA LAILA KANZA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kanza, Arashi C L. 2017. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Komik Indonesia Berdasarkan Presepsi Konsumen Di Kota Malang. Skipsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Titis Shinta Dhewi S.P, M.M, (II) Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc.

 

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Komik Indonesia, Konsumen, Malang.

 

Komik merupakan salah satu hiburan yang dapat diterima secara universal, mulai kalangan anak, remaja hingga dewasa. Saat ini komik memiliki beragam bentuk, mulai dengan komik bentuk strip hingga komik yang dapat dibaca secara geratis melalui beberapa aplikasi yang sudah disediakan dalam smartphone. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pembaca komik terbanyak sehingga dapat dikatakan bahwa ini merupakan pasar yang baik bagi para penerbit komik, namun sangat disayangkan komik yang banyak beredar dipasaran saat ini merupakan komik-komik terjemahan yang banyak berasal dari luar seperti halnya Jepang. Komik Indonesia saat ini mulai mengembangkan promosi melalui internet. Komikus-komikus indie mulai memanfaatkan teknologi internet ini guna mengenalkan beragam komik lokal pada konsumen serta dengan melakukan acara-acara kreatif bertajuk komik di kota-kota besar di Indonesia, namun tidak dipungkiri bahwa keanekaragaman konsumen dalam membeli suatu produk dipengaruhi oleh beragam faktor. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembalian tersebut.

Pokok dari penelitian ini terdapat pada rumusan masalahsebagai berikut (1) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian komik Indonesia di kota Malang, (2) faktor manakah yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian komik Indonesia di Malang.

            Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 150 responden konsumen komik di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Convenience Sampling dan Purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis deskriptif.

            Berdasarkan hasil analisis pada konsumen komik di Kota Malang diketahui bahwa terdapat 9 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian komik Indonesia berdasarkan persepsi konsumen di Kota Malang, yaitu: (1) faktor desain, (2) faktor harga dan kualitas, (3) faktor sosial, (4) faktor promosi, (5) faktor motivasi, (6) faktor kepercayaan, (7) faktor distribusi, (8) faktor produk, (9) faktor hobi / gaya hidup. Hasil penelitian menunjukkan faktor desain merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian komik Indonesia di Malang.