SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Pagak)

Mohammad Yunus

Abstrak


ABSTRAK

Yunus, Mohammad. 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Pagak). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Heny Kusdiyanti, S. Pd, M.M

 

Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar.

 

  Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Prestasi belajar menjadi salah satu indikasi berhasil tidaknya suatu pendidikan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi Prestasi belajar, diantaranya faktor ekstern meliputi status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah . Tujuan dari penelitian adalah mengungkap pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran siswa SMK Muhammadiyah 2 Pagak.

  Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis statistika deskriptif untuk menggambarkan fakta tentang suatu keadaan yang terjadi dan analisis statistika inferensial untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas terhadap veriabel terikat. Subyek penelitian adalah siswa APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Populasi penelitian adalah 70 peserta didik. Penelitian dilakukan dengan seluruh populasi yang ada. Data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial  dengan bantuan program aplikasi SPSS 22.00 for windows.

  Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa deskripsi 1) lingkungan sekolah yang meliputi metode mengajar yang diterapkan oleh guru menyenangkan dengan memakai media. Kurikulum yang dipakai sesuai dengan minat siswa dan mudah didapatkan. Hubungan siswa dengan guru sangat baik dan begitu juga hubungan siswa dengan siswa. Keadaan gedung sekolah yang nyaman dan keadaan laboratorium perkantoran masih kurang lengkap. Kedisiplinan peserta didik sudah cukup baik dalam mentaati peraturan disekolah namun peserta didik masih ada yang tidak masuk sekolah. 2) Status sosial ekonomi orang tua yang meliputi rata-rata pendidikan orang tua lulusan SD dan SMP, dan pekerjaan orang tua mayoritas petani dan pedagang dengan penghasilan rata-rata 2 jutaan. 3) Prestasi belajar yang diambil dari nilai UAS mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran kelas X adalah cukup baik. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Pagak dan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif kelas X Adminstrasi Perkantoran Muhammadiyah 2 Pagak.

Saran bagi Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Pagak untuk lebih memperhatikan lingkungan sekolah dan status sosial ekonomi orang tua yang ada disekolah, diantaranya dengan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga meningkatkan semangat siswa dalam belajar, serta memperhatikan dari kondisi status orang tua mereka sehingga bisa memotivasi sesuai dengan keadaan peserta didik agar medapatkan prestasi yang diinginkannya dan mampu menggapai cita-citanya. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel lain di luar lingkungan sekolah dan status sosial ekonomi orang tua sehingga akan diketahui faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik.