SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan Tetap Bagian Produksi Pabrik Rokok CV. Cempaka Tulungagung

Sarah Chrisanti Citra Hutami

Abstrak


ABSTRAK

 

Hutami, Sarah Chrisanti Citra. 2017. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan Tetap Bagian Produksi Pabrik Rokok CV. Cempaka Tulungagung.Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:Elfia Nora, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci :Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan

 

Sumberdaya manusia memiliki potensi yang besa runtuk menjalankan aktivitas perusahaan. Potensi setiap sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mampu memberikan output optimal sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Mengingat begitu pentingnya peran sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan, maka sudah selayaknya perusahaan memperhatikan kepuasan kerja dari para karyawan. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah contoh variabel yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Dengan adanya keselamatan dan kesehatan kerja diharapkan karyawan akan merasa aman dan nyaman dalam  melakukan pekerjaannya tanpa harus memikirkan resiko dari setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan keselamatan kerja, kesehatan kerja dan kepuasan kerja menurut karyawan tetap bagian produksi Pabrik  Rokok CV. Cempaka Tulungagung (2) untuk mengetahui apakah keselamatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan tetap bagian produksi Pabrik  Rokok CV. Cempaka Tulungagung (3) untuk mengetahui apakah kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan tetap bagian produksi Pabrik  Rokok CV. Cempaka Tulungagung (4)untuk mengetahui apakah keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan tetap bagian produksi Pabrik Rokok CV Cempaka Tulungagung.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasidalam penelitianiniadalahkaryawantetapbagianproduksiPabrikRokok CV CempakaTulungagung 197karyawan.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random samplingdengan jumlah sampel 132 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner tertutup.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa keselamatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan tetap bagian produksi Pabrik Rokok CV Cempaka Tulungagung. Hasil penelitian selanjutnya yaitu kesehatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan tetap bagian produksi Pabrik Rokok CV Cempaka Tulungagung. Dapat diketahui juga bahwa keeselamatan kerjadan kesehatan kerja secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan tetap bagian produksi Pabrik Rokok CV Cempaka Tulungagung