SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KARATERISTIK PEKERJAAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CIITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA MALANG

Moch Dicky Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Moch Dicky. 2017. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Budaya Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior di PDAM  Kota Malang Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sopiah, M.Pd, M.M,.

 

Kata Kunci: Karakteristik Pekerjaan, Budaya Organisasi, Organizational Citizenship Behavior

 

Perilaku-perilaku yang ditonjolkan di dalam perusahaan saat ini tidak hanya perilaku yang sesuai peranannya saja  akan tetapi diharapkan dapat lebih memunculkan Organizational Organizational Citizenship Behavior (OCB). Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan sikap yang timbul karena adanya hubungan timbal balik antara pihak perusahaan dengan pihak karyawan. Oleh karena itu, keberhasilan perusahaan dalam menerapkan Karakteristik Pekerjaan dan budaya organisasi untuk meningkatkan Kontribusi Karyawan kepada perusahaan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dibutuhkan.

 

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan Karakteristik pekerjaan, Budaya Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)  menurut karyawan PDAM Kota Malang (2) untuk mengetahui apakah Karakteristik Pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) PDAM Kota Malang (3) untuk mengetahui apakah Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) PDAM Kota Malang.

 

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PDAM Kota Malang pada divisi/bagian umum, sumber daya manusia, keuangan, hubungan pelanggan, dan pengadaan dengan jumlah 136 karyawan.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sampel 101 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner tertutup.

 

            Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa  karakteristik pekerjaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di PDAM Kota Malang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang diinterpretasikan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di PDAM Kota Malang.

 

Hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kondisi Karakteristik Pekerjaan dalam kategori sesuai, Budaya Organisasi dalam kategori Budaya Kuat dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam kategori Tinggi. Kedua, Karakteristik Pekerjaan secara parsial, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Ketiga, Budaya Organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada karyawan di PDAM Kota Malang.

 

Berdasarkan temuan tersebut, berkaitan dengan Budaya Organisasi PDAM Kota Malang disarankan agar karyawan mampu bekerja lebih maksimal. Disamping itu, sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan karyawan dengan memberi pujian atau penghargaan atas prestasi kerja sehingga dapat memotivasi karyawan yang lain dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lainnya, diluar variabel yang diteliti oleh penulis