SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan (studi pada konsumen dealer showroom honda sekawan motor bululawang)

Firdaus Kurnia Ardi

Abstrak


ABSTRAK

Ardi, Firdaus Kurnia. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Dealer Showroom Honda Sekawan Motor Bululawang). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi ualitas, Loyalitas Merek, dan Loyalitas Pelanggan

 

Perkembangan transportasi di Indonesia ini semakin pesat, sehingga mendorong tingkat persaingan di bidang transportasi. Berbicara mengenai persaingan dan bisnis tidak terlepas dari pelanggan karena pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis selain manajemen perusahaan yang baik. Seiring perkembangan zaman, masyarakat kini lebih kritis dalam memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa.Mereka kini tidak hanya membeli produk saja, tapi juga melihat beberapa aspek yang ada pada produk tersebut, salah satunya Ekuitas Merek. Semakin kuat Ekuitas merek suatu produk, maka akan semakin kuat daya tariknya di mata pelanggan untuk termotivasi membeli produk tersebut. Merek dapat menumbuhkan loyalitas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Deskripsi Ekuitas Merek dan loyalitas pelanggan pada Honda Sekawan Motor; (2) Besarnya pengaruh Ekuitas Merek terhadap loyalitas pelanggan pada Honda Sekawan Motor secara parsial; dan (3) Besarnya pengaruh Ekuitas Merek terhadap loyalitas pelanggan pada Honda Sekawan Motor secara simultan.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskripti kuantitatif dan eksplanotari. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengunjung Dealer Showroom Honda sekawan motor bululawang yang tidak diketahui dengan pasti. Berdasarkan jumlah rata-rata pengunjung perhari 30 orang.Karena jumlah yang tidak terhingga, peneliti atau tidak ditemukan jumlah pasti maka penelitian ini tergolong infinite population.Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Daniel and Terrel dengan persentase kesalahan sebesar 5%, diperoleh 126 responden. Untuk menghindari kesalahan atau angket yang tidak kembali, maka sampel dibulatkan menjadi 150 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara peneliti menyebar kuisioner pada pengunjung dealer showroomh Honda sekawan motor bululawang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa temuan penelitian yaitu: (1) Deskripsi pelanggan terhadap aspek Ekuitas Merek yang terdiri dari Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek membuat pelanggan teteap loyal pada Honda Sekawan Motor; (2) Hasil uji t menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Ekuitas Merek (X) yang terdiri dari kesadaran merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), Loyalitas Merek (X4) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Honda Sekawan Motor.; (3) Hasil uji F menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Ekuitas Merek (X) yang terdiri dari Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3) dan Loyalitas Merek (X4) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Honda Sekawan Motor.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan peneliti adalah ; (1) Honda Sekawan Motor diharapkan dapat lebih meningkatkan sadar merek terhadap pelanggan agar pelanggan semakin loyal terhadap produk Honda Motor. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sadar merek adalah dengan cara menjamin kualitas produk yang ditawarkan ; (2) Honda Sekawan Motor diharapkan dapat memberikan ketertarikan pelanggannya sehingga pelanggan akan  memiliki alasan yang lebih untuk membeli motor Honda di Dealer Showroom Honda Sekawan Motor. Adapun cara yang dapat ditempuh adalah dengan meningkatkan promosi ; (3) Honda Sekawan Motor diharapkan dapat lebih meyakinkan pelanggannya terhadap kualitas motor Honda agar pelanggan tetap loyal pada Dealer Showroom Honda Sekawan Motor. Adapun cara yang dapat ditempuh adalah memberikan testimonial atau review atas pembelian yang sudah dilakukan oleh pelanggan (4) Honda Sekawan Motor diharapkan dapat meyakinkan pelanggan agar tidak pindah ke merek lain dan tetap loyal pada Honda Sekawan Motor. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah memperbaiki kualitas dari Dealer Showroom Honda Sekawan Motor itu sendiri baik dari faktor eksternal maupun faktor internal. Sedangkan saran untuk peneliti selanjutnya adalah ; (1) sebaiknya peneliti selanjutnya menambah jumlah variabel selain kesadaran merek, asosiai merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan seperti Brand Image,Service Quality,dan Brand Belief agar penelitian selanjutnya dapat mencapai hasil yang lebih maksimal; (2) sebaiknya peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih dalam tentang pelayanan maupun kinerja karyawan dan lain sebagainya dimana variabel tersebut juga dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan pada Honda Sekawan Motor.