SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI STRES KERJA PADA PERAWAT RUMAH SAKIT LAVALETTE MALANG

Faisal Chuzaeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Chuzaeni, Faisal. 2017. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja melalui Stres Keja pada Perawat Rumah Sakit Lavalette Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unirvesitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah, S.E., M.Si

 

Kata Kunci: Beban Kerja, Stres Kerja, Kepuasan Kerja

 

Kepuasan kerja dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor sepertibeban kerja dan stres kerja. Organisasi perlu untuk memperhatikan faktor tersebut agar dapat meningkatkan kepuasan kerja perawat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mendeskripsikan beban kerja, stres kerja dan kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Lavalette (2) untuk mengetahui apakah beban kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Lavalette; (3) untuk mengetahui apakah beban kerja berpengaruh positif signifikan terhadap stres kerja perawat Rumah Sakit Lavalette(4) untuk mengatahui apakah stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Lavalette(5) untuk mengetahui apakah beban kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja perawat Rumah Sakit Lavalette.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis path (jalur). Populasi dalam penelitian iniseluruh perawat di Rumah Sakit Lavalette dengan jumlah 170 perawat. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 120 responden.

Hasil penelitian ini menunjukan: (1) kondisi beban kerja dan stres kerja perawat Rumah Sakit Lavalette dalam kategori tinggi (2) kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Lavalette dalam kategori kurang puas (3) terdapat pengaruh negatif  signifikan beban kerja terhadap kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Lavalette (4)  terdapat pengaruh positif signifikan beban kerja terhadap stres kerja perawat Rumah Sakit Lavalette (5) terdapat pengaruh negatif  signifikan stres kerja terhadap kepuasan kerja perawat Rumah Sakit Lavalette (6) terdapat pengaruh negatif signifikan beban kerja terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja perawat Rumah Sakit Lavalette.

Saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah (1) bagi Rumah Sakit Lavalette untuk memperhatikan beban kerja yang diberikan kepada perawat, memberi fasilitas tempat istirahat, memberikan pendidikan tentang kerjasama yang baik antar perawat (2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkonfirmasi penelitian ini dalam konteks rumah sakit yang lain dengan menambah variabel yang mempengaruhi kepuasan kerja.