SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja (Studi Pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang

Daniar Nila Prastiti

Abstrak


ABSTRAK

 

Daniar Nila Prastiti. 2017. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja (studi pada Karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang).Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M.

 

Kata Kunci :Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kompetensi, motivasi kerja, kinerja karyawan pada karyawan PT. TASPEN (persero) Cabang Malang, (2) pengaruh langsung antara kompetensi terhadap motivasi kerja, (3) pengaruh langsung antara kompetensi terhadap kinerja karyawan, (4) pengaruh langsung antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan, (5) pengaruh langsung antara kompetensi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi, variabel terikatnya adalah kinerja karyawan, sedangkan motivasi kerja sebagai variabel intervening.

Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 34 responden dari 34 karyawan perusahaan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang pada Bidang Layanan dan Manfaat, Bidang Keuangan dan verifikasi SPJ, dan Bidang SDM dan Umum. Pengisian kuesioner variabel kompetensi, motivasi kerja dan kinerja karyawan dilakukan oleh karyawan PT. TASPEN (persero) Cabang Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS for Windows seri 19.0.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) kompetensi, kinerja karyawan, dan motivasi kerja pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang tergolong sangat baik (2) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara kompetensi terhadap motivasi kerja dengan koefisien jalur 0.659 dan pengaruh error 0.719 pada karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang, (3) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan koefisien jalur 0.229 dan pengaruh error 0.339 pada karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang, (4) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara kompetensi terhadap kinerja karyawan dengan koefisien jalur 0.767 pada karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang, (5) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara kompetensi terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja pada karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang.

Saran yang dapat diberikan kepada pihak PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang hendaknyamemberikan apresiasi peningkatan kinerja karyawan serta lebih banyak memberikan program pelatihan dan lebih giat dalam memberikan motivasi pada setiap karyawan PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang.