SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompensasi dan Program Keselamatan Kesehatan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Awak Badan Kapal Ferry Pelabuhan Penyeberangan Ketapang

Budi Anuqrah

Abstrak


ABSTRAK

 

Anuqrah, Budi. 2017. Pengaruh Kompensasi dan Program Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kepuasan Kerja Awak Badan Kapal Ferry Pelabuhan Penyeberangan Ketapang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah S.E., M.Si.

 

Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Kompensasi, Program K3

 

Jasa penyeberangan angkutan kapal Ferry di Indonesia masih tergolong industri yang memiliki risiko tinggi dengan banyaknya terjadi kecelakaan kapal di Indonesia. Dengan ini kepuasan kerja Awak Badan Kapal (ABK) yang bekerja di industri tersebut wajib diperhatikan mengingat risiko dan bahaya yang mereka hadapi di atas laut.Organisasi yang mempunyai karyawan lebih puas cenderung lebih efektif bila dibandingkan organisasi yang mempunyai karyawan yang kurang puas.Kompensasi dan program K3 merupakan dua faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja ABK.Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran deskriptif kompensasi, program K3, dan kepuasan kerja ABK FerryPelabuhan Penyeberangan Ketapang. (2) untuk mengetahui apakahkompensasiberpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan kerjaABK Ferry Pelabuhan Penyeberangan Ketapang. (3) untuk mengetahui apakah program K3 berpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan kerjaABK Ferry Pelabuhan Penyeberangan Ketapang.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dari penelitian iniyaituABK di PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT. Jembatan Nusantara, dan PT. Lintas Sarana Nusantaradengan jumlah92orang. Teknik pengambilan sampelmenggunakan tekniktotal sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, studi pustaka, dokumentasi dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompensasi yang diberikan kepada ABK Pelabuhan Penyeberangan Ketapang secara keseluruhan sudah termasuk dalam kategori baik, program K3 yang disediakan untuk ABK sudah termasuk dalam kategori baik, kepuasan kerja yang dirasakan oleh ABK sudah termasuk dalam kategori puas, (2) Kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja, dan (3) Program K3 berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah (1) Bagi Perusahaan Jasa Angkutan Kapal Ferry Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, disarankan sebaiknya mempertimbangkan besaran gaji yang diberikanpada ABK, memperhatikan fasilitas penerangan yang masih kurang memadahi di atas kapal,memperbaiki sistem pembayaran gaji yang masih kurang tepat waktu dan (2) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti pengaruh kompensasi dan program K3 di industri yang berbeda selain industri jasa angkutan kapal Ferry untuk melengkapi penelitian ini.