SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Firm Size, Leverage, Dividen Policy Terhadap Firm Value Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2015

Puji Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Puji. 2017. PengaruhFirm Size, Leverage, Dividen Policy TerhadapFirm Value Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Listing di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2013-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Hj. Fadia Zen, S.E.,M.M.

 

Kata Kunci: Firm Value, Firm Size, Leverage,dan Dividen Policy

 

Tujuan didirikannya suatu perusahaan umumnya adalah untuk memperoleh laba, meningkatkan penjualan, memaksimalkan nilai saham dan meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Kesejahteraan  pemegang saham akan meningkat apabila nilai perusahaan meningkat yang ditandai dengan tingkat pengembalian investasi yang tinggi kepada pemegang saham. Bagi perusahaan yang masih bersifat private atau belum go public, nilai perusahaan ditetapkan oleh lembaga penilai atau apprisial company.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kondisi dari firm value, firm size, leverage,dan  dividen policy ,(2) untuk mengetahui pengaruh firm value, firm size, leverage,dan dividen policy,terhadap nilai perusahaan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015 sebanyak 37 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 14 perusahaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah format dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi firm valuemengalami peningkatan, kondisi firm size mengalami peningkatan, leverageberfluktuasi dan dividen policy mengalami fluktuasi namun cenderung meningkat. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa firm value berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan,firm sizeberpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dandividen policy berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

g dilihat oleh calon investor. Bagi investor, sebaiknya dalam mengambil keputusan investasinya lebih berhati-hati dan menghindari behavior finance seperti overconfidence. Sedangkan bagi peneliti, sampel perusahaan dalam penelitian selanjutnya dapat lebih terfokus dengan salah satu sektor usaha saja dan menggunakan variabel akuntansi lainnya atau variabel non akutansi.