SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan

Nur Indah Rachmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmawati, Nur Indah. 2017. Pengaaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si

 

Kata Kunci : Beban Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kepuasan Kerja Karyawan

 

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan beban kerja, lingkungan kerja non fisik, dan kepuasan kerja menurut karyawan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan (2) untuk mengetahui apakah beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan (3) untuk mengetahui apakah lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif termasuk jenis penelitian descriptive explanatory research, dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan dengan jumlah 56 karyawan.  Diambil sampel sebanyak 49 karyawan dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji t dibantu dengan menggunakan SPSS 23.0 For Windows.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Beban Kerja karyawan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai sgnifikansi sebesar 0,008 (nilai signifikansi kurang dari 0,05) yang artinya bahwa Beban Kerja berpengaruh tinggi terhadap Kepuasan Kerja dan mengindikasi bahwa H1 diterima. (2) Lingkungan Kerja Non Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja karyawan, dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (nilai signifikansi kurang dari 0,05) yang artinya bahwa Lingkungan Kerja Non Fisik berpengaruh tinggi terhadap Kepuasan Kerja dan mengindikasi bahwa H2 diterima.

Hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kondisi Beban Kerja dalam kategori cukup, Lingkungan Kerja Non Fisik dalam kategori baik/tinggi dan Kepuasan Kerja karyawan dalam kategori sangat puas. Kedua, Beban Kerja secara persial, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja karyawan. Ketiga, Lingkungan Kerja Non Fisik secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja karyawan.

Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada pihak  Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan lebih memperhatikan pekerjaan karyawan yang dikerjakan setiap harinya, dan meninjau kembali kebijakan yang berkaitan dengan pemberian bonus kepada karyawan yang berprestasi, serta dalam penerapan pemberian gaji perusahaan harus memperhatikan beban kerja karyawan. Dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lainnya diluar variabel yang diteliti oleh penulis.