SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Promosi Melalui Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bouquetq Malang)

Vonezyo Yupanzara Dharomesz

Abstrak


ABSTRAK

 

Dharomesz, Vonezyo Yupanzara. 2017. Pengaruh Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bouquetq Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: promosi, media sosial, keputusan pembelian.

 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini menyebabkan masyarakat Indonesia tidak lagi dapat untuk melepaskan diri dari kegiatan komunikasi berbasis internet terlebih untuk memasarkan produk atau jasa. Suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media internet dapat disebut juga e-marketing. Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia dipastikan dapat meningkatkan penjualan suatu perusahaan atau bisnis. Maka dari itu untuk meningkatkan penjualan, perusahaan memerlukan adanya promosi dalam proses penjualannya. Promosi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengomunikasikan dan memromosikan produknya kepada pasar sasaran. Apalagi promosi melalui internet khusunya melalui media sosial sangat diperhitungkan, mengingat banyaknya pengguna media social saat kini khusunya Instagram. Pelanggan juga akan lebih mudah untuk mencari informasi mengenai produk yang ingin mereka beli karena tidak perlu tatap muka secara langsung.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kegiatan promosi melalui social media Instagram dan keputusan pembelian pada Bouquetq Malang?; (2) Seberapa besarkah pengaruh promosi melalui social media Instagram terhadap keputusan pembelian?

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian produk buket bunga Bouquetq di Kota Malang dengan menggunakan rumus infinit. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dimana criteria sampel adalah pelanggan yang melakukan pembelian pada bulan Agustus – September 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 139. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi sederhana.

Temuan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kegiatan promosi melalui social media Instagram dan keputusan pembelian; (2) Besarnya pengaruh promosi melalui social media Instagram secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 68,3%.

Saran yang dapat diberikan adalah: Bouquetq perlu memperbaiki beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai mean terendah yaitu dengan meningkatkan kualitas pesan / informasi agar pelanggan tertarik untuk menangapi atau memberikan respons, juga meningkatkan penyajian konteks produk yang lebih menarik dengan pesan / informasi yang lebih mudah dipahami pelanggan.  Untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan jenis social media yang berbeda selain Instagram untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian.