SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kristanto, Dwi. 2017. Pengaruh Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMKN 11 Malang. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Dwi Kristanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan tidak pernah terlepas dari kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan Belajar merupakan salah satu faktor untuk menunjang hasil belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan saja, yaitu faktor intern dan ekstern. Di antara kedua faktor tersebut terdapat variabel-variabel di dalamnya yang turut mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa, yaitu kebiasaan belajar, motivasi belajar dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kebiasaan belajar (X1), motivasi belajar (X2) dan minat belajar (X3) terhadap hasil belajar siswa (Y), baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMKN 11 Malang.

Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 11 Malang yang berjumlah 228 siswa. jumlah pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 145 siswa dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Data diolah dengan bantuan software SPSS 16.0.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Siswa kelas XI SMKN 11 Malang memiliki rata-rata distribusi kebiasaan belajar, motivasi belajar dan minat belajar yang baik dan memiliki nilai rata-rata yang cukup baik;(2) Ada pengaruh positif antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa;(3) Ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa;(4) Ada pengaruh positif antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa.

Saran dari penelitian ini, adalah (1) Bagi Kepala SMKN 11 Malang agar menciptakan suasana lingkungan sekolah yang nyaman saat kegiatan pembelajaran dikelas seperti diterapkan dan ditegaskan lagi petugas kebersihan di sekolah dan di kelas agar proses pembelajaran kepada para siswa-siswinya untuk mendaptkan hasil belajar yang baik;(2) Bagi Guru SMKN 11 Malang agar menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan seperti memberikan media pembelajaran yang menarik saat pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dalam proses belajar mengajar;(3) Bagi Siswa SMKN 11 Malang sebaiknya lebih fokus saat Guru mengajar dikelas dan sungguh-sungguh dalam belajar, meskipun tidak ada ulangan atau tugas sebaiknya siswa tetap belajar dan memanfaatkan waktu luang untuk belajar dengan sebaik mungkin;(4) Bagi Peneliti Selanjutnya yang tertarik melanjutkan penelitian ini, sebaiknya meneliti dengan kompetensi keahlian yang berbeda serta dapat menambahkan variabel lain karena masih banyak faktor lain yang berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa.