SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS AURORA 3D PRESENTATION PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN PEMASARAN KELAS X SMK NEGERI I POGALAN

Anik Noer Wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, A. N.2017. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Mata Pelajaran Perencanaan Pemasarn Kelas X SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M. Si

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, Aurora 3D Presentation

 

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu bagian dari pendidikan kejuruan dan bagian dari sistem pendidikan nasional. Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan yaitu untuk mengembangkan kompetensi peserta didik pada bidang keahliannya sehingga lebih mandiri serta mampu mempersiapkan diri untuk bekerja di dunia industri. Pencapaian tujuan pendidikan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang berjalan dengan efektif di dalam kelas nantinya akan dapat mencapai tujuan pendidikan. Untuk menciptakan keadaan yang efektif guru memerlukan media pembelajaran. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran audio visual berbasis Aurora 3D Presentation.

Media Aurora 3D Presentation ini nantinya akan membantu guru menyampaikan materi bersifat teori kepada peserta didik. Selain itu peserta didik akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran.Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti yaitu model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dari Luther. Model MDLC ini melewati enam tahap, diantaranya (1) Concept, (2) Design, (3) Collecting Content Material, (4) Assembly, (5) Testing, (6) Distribution.  Peneliti melakukan enam tahapan tersebut untuk menghasilkan produk akhir yang valid. Pengembangan media ini menggunakan validasi ahli dan validasi materi.

Hasil pengembangan dari penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Aurora 3D Presentation sebagai berikut (1) validasi ahli media yang menilai tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan, dimana media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan saran perbaikan. Terdapat satu aspek yang harus diperbaiki dari media yang dikembangkan, yaitu penggantian video yang telah disajikan dalam media dan selanjutnya peneliti memperbaiki media yang dikembangkan sesuai dengan saran dari ahli media, (2) Validasi materi yang meguji kebenaran materi yang disajikan dalam media yang dikembangkan. Ahli materi menyatakan bahwa materi yang disajikan dalam media pembelajaran valid dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran, (3) Uji coba pengguna yang melibatkan 30 peserta didik kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Pada uji coba ini peserta didik memberikan skor, kritik dan saran terhadap media yang dikembangkan. Selanjutnya skor dari peserta didik diakumulasikan dan diukur dengan tingkat kevalidan serta dinyatakan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan valid.

Saran yang disampaikan peneliti terkait penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Saran pemanfaatan terkait penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Aurora 3D Presentation dalam kegiatan pembelajaran untuk pengguna media baik guru maupun peserta didik untuk mempelajari buku petunjuk penggunaan dan tutorial pembuatan media, (2) Saran bagi guru terkait pengembangan media sebaiknya lebih kreatif dalam pembuatan media Aruora 3D Presentation dan menyebarluaskan media kepada pengguna yang lain dan bagi peserta didik dengan adanya media pembelajaran Aurora 3D Dimension ini seharusnya lebih aktif mengikuti pembelajaran, (3) Saran pengembangan lebih lanjut untuk peneliti yang akan mengembangkan media Aurora 3D presentation selanjutnya hendaknya berdasarkan manfaat media dalam kegiatan pembelajaran dan lebih banyak melibatkan pihak sekolah.