SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Firm Value (FV) yang Dimoderasi oleh Intangible Asset (IA) pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat pada IDX Periode 2012-2014

Arieska Dian Saputri

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputri, A.D. 2017. Pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Firm Value (FV) yang Dimoderasi oleh Intangible Asset (IA) pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat pada IDX Periode 2012-2014. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuli Agustina, S.E., M.M.

 

Kata Kunci: firm value, dividend payout ratio, intangible asset, tobin’s Q

 

Perusahaan manufaktur mengalami perkembangan yang cukup pesat dan memilik andil besar dalam mendorong perumbuhan ekonomi negara. Tujuan utama sebuah perusahaan adalah meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham, dengan meningkatkan nilai perusahaan (firm value) yang dimiliki. Nilai perusahaan (firm value) dalam penelitian ini menggunakan perhitungan rasio Tobin’s Q. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) bagaimana kondisi firm value (FV), dividend payout ratio (DPR), dan intangible asset (IA), (2) pengaruh DPR terhadap FV, dan (3) apakah IA memoderasi pengaruh DPR terhadap FV.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausalitas dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasinya adalah perusahaan manufaktur yang tercatat pada IDX periode 2012-2014 sebanyak 141 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling sehingga diperoleh 18 perusahaan sampel, namun karena adanya data yang tidak memenuhi kriteria dalam pengujian statistik maka sampel dikurangi menjadi 15 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah polling data, yaitu dokumentasi atau dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari Laporan Keuangan atau Ikhtisar Keuangan Perusahaan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear dan regresi moderasi dengan uji residual menggunakan SPSS 23.0 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi variabel nilai Tobin’s Q dan nilai Dividend Payout Ratio (DPR) perusahaan sebagian besar berada pada kondisi baik, sedangkan kondisi nilai Intangible Asset (IA) perusahaan sebagian besar berada di bawah rata-rata, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap variabel Firm Value (FV) baik sebelum maupun setelah dimoderasi oleh variabel Intangible Asset (IA), (3) variabel Intangible Asset (IA) tidak dapat memoderasi pengaruh Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Firm Value (FV).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain (1) investor sebaiknya juga memperhatikan bagaimana nilai aset-aset tidak berwujud (IA) yang dimiliki perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi, selain melihat kondisi nilai perusahaan (FV). Karena aset-aset tidak berwujud yang dikelola dengan baik, akan membantu peningkatan nilai perusahaan, meskipun tidak dapat memberikan pengaruh lebih pada peningkatan DPR, (2) perusahaan perlu untuk memperhatikan kestabilan pembagian dividen serta pengelolaan aset-aset tidak berwujud perusahaan guna meningkatkan nilai perusahaan, dalam upaya meningkatkan kemakmuran pemegang saham dan menarik kepercayaan investor, dan (3) bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya menambah variabel independen di luar penelitian yang memiliki keterkaitan dengan variabel moderasi dan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta memperluas objek penelitian (menambah jumlah sampel dan periode penelitian). Selain itu, untuk pengujian variabel moderasi menggunakan analisis subgroup dan moderated regression analysis sebaiknya menggunakan jumlah sampel minimal 3xN agar hasil lebih akurat.