SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA (Studi Kasus pada Perum Jasa Tirta I Malang)

Emilio Kardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kardhani, Emilio. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Perum Jasa Tirta I Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dr. Aniek Indrawati, S.Si, M.M. Pembimbing (II): Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E.,M.Si.

 

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kondisi lingkungan kerja, budaya organisasi serta motivasi kerja Perum Jasa Tirta I Malang; (2) Pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja Perum Jasa Tirta I Malang; (3) Pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap motivasi kerja Perum Jasa Tirta I Malang; (4) Pengaruh simultan lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja pada Perum Jasa Tirta I Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan jenis instrumen berupa kuesioner tertutup.. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Perum Jasa Tirta I Malang dengan sampel berjumlah 114. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proportionate random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan  metode regresi linear berganda (multiple linier regression method).

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa: (1) Kondisi lingkungan kerja, budaya organisasi serta motivasi kerja pada Perum Jasa Tirta I Malang masuk dalam kategori cukup baik; (2) Lingkungan kerja tidak berpengaruh positif secara parsial terhadap motivasi kerja karyawan Perum Jasa Tirta I Malang; (3) Budaya organisasi berpengaruh positif secara parsial terhadap motivasi kerja Perum Jasa Tirta I Malang; (4) Lingkungan kerja dan budaya organisasi berpengaruh positif secara simultan terhadap motivasi kerja pada Perum Jasa Tirta I Malang.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan: (1) Mengoptimalkan fungsi AC dan memberi larangan kepada karyawan untuk merokok di dalam ruangan; (2) Untuk pihak atasan diharapkan dapat membangun komunikasi yang lebih baik kepada karyawannya, dikarenakan mayoritas karyawan merasa kurang mendapat arahan yang jelas dan kurangnya mendapatkan kepercayaan yang penuh dari atasan. Dengan kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan suasana internal yang kondusif tentunya akan membuat karyawan merasa nyaman dan termotivasi dalam melakukan pekerjaannya.