SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN MELALUI KEBIJAKAN UTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI PERIODE 2013-2015

Gity Agi Luhviana Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Gity Agi Luhviana. 2017. Pengaruh Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen melalui Kebijakan Utang pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Subagyo, S.E, S.H., M.M.

 

Kata Kunci:Profitabilitas, Kebijakan Utang, Kebijakan Dividen

 

Kebijakan dividen adalah kebijakan yang paling banyak disoroti oleh berbagai pihak seperti pemegang saham, calon investor, kreditur dan pihak eksternal lainnya yang berkepentingan dengan perusahaan. Keputusan perusahaan sering menimbulkan perbedaan persepsi antara pemegang saham, kreditur dan manajer sehingga sering menimbulkan konflik yang disebut konflik keagenan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015 sebanyak 143 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah format dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kebijakan dividen mengalami kenaikan, kondisi profitabilitasdan kondisi kebijakan utang berfluktuasi. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa secara langsung variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang, variabel kebijakan utang berpengaruh terhadap kebijakan dividen, profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan dividen melalui kebijakan utang pada perusahaan manufaktur.