SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PLATFORM ADOBE FLASH CS6 PADA MATAPELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Hendra Bakti Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Teknologi merupakan suatu bentuk pencapaian yang terus mengalami penyempurnaan yang dapat merasuk ke segala bidang pada kehidupan manusia salah satunya adalah bidang pendidikan. Dengan teknologi segala aktivitas dapat di efisiensi menurut tujuan dan kebutuhan. Pengembangan teknologi di bidang pendidikan sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan suasana baru bagi peserta didik dengan menghadirkan pembelajaran yang menarik. Berdasarkan observasi dan wawancara pada guru dan siswa, di SMKN Muhammadiyah 2 Malang masih menggunakan media pembelajaran handout yang dibagikan pada saat pembelajaran berlangsung dan di tarik kembali pada saat selesai pembelajaran selesai.

Oleh karena itu di era serba digital ini pemecahan permasalan tersebut bukanlah tidak mungkin dengan di dukung peralatan yang dimiliki siswa siswinya. Penggunaan media pembelajaran berbasis ternologi sangat dimungkinkan untuk menutupi kekurangan ini, dengan pembelajaran kewirausahaan berbasis android yang perancanganya berbasis pada Action Script  3.0 Adobe Flash CS 6  yang dirancang dan diprogam menjadi suatu sistem terstruktur kedalam program virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Android berbasis Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi siswa berwirausaha.

 

Model yang digunakan dalanm pengembangan media pembelajaran kewirausahaan berbasis android ini adalah model R&D (Borg and Gall). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan media pembelajaran kewirausahaan berbasis android oleh ahli materi sebesar 94,53% termasuk dalam kategori valid. Hasil uji kelayakan media pembelajaran kewirausahaan oleh ahli media sebesar 97% termasuk dalam kategori valid. Uji coba produk memperoleh hasil 85,51% termasuk dalam kategori valid, uji coba masal memperoleh hasil 83,07% termasuk dalam kategori valid. Uji coba pengukuran daya tarik siswa memperoleh hasil 82,65% termasuk dalam kategori sangat meningkat. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kewirausahaan berbasis android mampu meningkatkan daya tarik siswa dan dikatakan layak untuk digunakan sebagai pembelajaran.3) Untuk orang tua hendaknya memberikan dukungan, arahan dan bimbingan kepada, 4) Untuk peneliti perlu melakukan penelitian lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha.