SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi Diri (Self Effication) dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)

Retno Puji Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, R.P. 2017. Pengaruh Efikasi Diri (Self Effication) dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si.

 

Kata kunci : Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Minat Berwirausaha siswa dapat dipengaruhi secara intrinsik dan ekstrinsik. Faktor Intrinsiknya adalah Efikasi Diri (Self Effication) sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah Pendidikan Kewirausahaan. Seluruh siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen diwajibkan untuk menempuh mata pelajaran kewirausahaan, hal ini bertujuan agar siswa memiliki jiwa berwirausaha sejak di bangku sekolah dan dapat membuka usaha sendiri setelah lulus.

Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah: 1) Bagaimana deskripsi efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dan minat berwirausaha siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen?, 2) Apakah efikasi diri berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa?, 3) Apakah pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa?.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dan termasuk jenis penelitian ex-postfacto. Perhitungan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 21.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebanyak 174 siswa, sampel yang digunakan sebanyak 121 siswa, metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efikasi diri siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dari angket yang telah di sebar oleh peneliti mayoritas responden sudah cukup yakin mampu mengatasi kesulitan dalam mengembangkan usaha, 2) Pendidikan kewirausahaan siswa, dari angket yang telah di sebar oleh peneliti mayoritas responden menjawab setuju bahwa guru sering membahas perencanaan keuangan kewirausahaan dengan siswa, 3) Minat berwirausaha siswa, dari angket yang telah disebar oleh responden menjawab sangat setuju dan setuju bahwa setiap siswa tidak takut mengalami kegagalan dalam membuka usaha.

SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tidak memiliki jurusan pemasaran tetapi seluruh siswa di wajibkan untuk menempuh mata pelajaran kewirausahaan. Hal ini yang menyebabkan minat berwirausaha siswa cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran, yaitu: 1) Untuk guru diharapkan menjelaskan dampak lingkungan ekonomi kepada siswa, guru selalu mengaitkan antara kewirausahaan dan hobi siswa dan seharusnya guru mengadakan lomba yang berkaitan dengan kewirausahaan. 2) Untuk siswa dapat melihat peluang sebagai seorang wirausaha, diharapkan siswa dapat mencari reverensi tentang kewirausahaan dan siswa harus mengatahui dasar-dasar dalam berwirausaha,

 

3) Untuk orang tua hendaknya memberikan dukungan, arahan dan bimbingan kepada, 4) Untuk peneliti perlu melakukan penelitian lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha.